BPJS Kesehatan Genjot Sertifikasi Verifikator Agar JKN-KIS Transparan dan Akuntabel

- 22 April 2021, 18:34 WIB
Kick Off Pengelolaan Program JKN-KIS yang Transparan dan Akuntabel Melalui Penguatan Kapabilitas Verifikator secara virtual pada Kamis, 22 April 2021.
Kick Off Pengelolaan Program JKN-KIS yang Transparan dan Akuntabel Melalui Penguatan Kapabilitas Verifikator secara virtual pada Kamis, 22 April 2021. /Dok. BPJS Kesehatan

KABAR JOGLOSEMAR - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan atau BPJS Kesehatan hendak melakukan sertifikasi bagi para verifikator.

BPJS Kesehatan pun menyelenggarakan program penguatan kapabilitas verifikator. Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan pengelolaan program JKN-KIS yang transparan dan akuntabel.

Baca Juga: Pemerintah Perketat Larangan Mudik Lebaran Mulai 22 April 2021, Ini 11 Aturan yang Berlaku

Tugas verifikator BPJS Kesehatan adalah memeriksakan ataupun memastikan setiap berkas klaim yang diajukan oleh rumah sakit dinyatakan lengkap, sesuai kaidah dan dapat dilakukan pembayaran.

Tentu saja harus bertanggung jawab dan membutuhkan ketelitian yang tinggi saat melakukan verifikasi. Sehingga peran verifikator BPJS Kesehatan sangatlah penting.

Direktur BPJS Kesehatan Andi Afdal mengungkapkan penting dilakukan sertifikasi bagi para verifikator. Latar belakangnya karena baru sebagian kecil verifikator yang disertifikasi.

Selanjutnya memang perlu dilakukan sistem perbaikan verifikasi maupun peningkatan kapabilitas para verifikator.

Harapannya ada standarisasi sehingga dapat memastikan verifikator yang di rumah sakit dilakukan sertifikasi sehingga standar setiap rumah sakit sama. Diungkapkan Andin Afdal ada sekitar 1200 orang verifikator.

Baca Juga: Segera Login cekbansos.kemensos.go.id Pakai NIK KTP, Ini Panduan Cek Penerima BST, PKH, dan BPNT

Halaman:

Editor: Ayusandra Adhitya Septi Andani


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X