3 Bansos Kemensos Bersamaan Cair April 2021, Ini Syarat Jadi Penerima Bansos dan Cara Mengeceknya

- 21 April 2021, 18:04 WIB
Cek penerima BST Rp300 ribu di dtks.kemensos.go.id
Cek penerima BST Rp300 ribu di dtks.kemensos.go.id //Kabar Joglosemar/Galih Wijaya

 

KABAR JOGLOSEMAR - Kementerian Sosial (Kemensos) menyalurkan dana bantuan sosial (bansos) 2021 untuk masyarakat yang tergolong miskin dan kurang mampu.

Pemerintah memberikan tiga program bansos 2021 dari Kemensos RI, yakni Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Bantuan Sosial Tunai (BST).

Bansos BST Rp300 ribu, BPNT Rp200 ribu, dan PKH dijadwalkan cair pada April 2021 ini. Program Bansos 2021 diberikan kepada keluarga miskin yang terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Baca Juga: Mengulik Keistimewaan 10 Hari Terakhir Puasa Ramadhan hingga Amalan Untuk Menambah Pahala

Dana yang jumlahnya berbeda-beda ini diberikan untuk membantu meringankan beban pengeluaran sehari-hari. Dana bansos 2021 bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan pangan, kesehatan, maupun pendidikan.

Syarat dan ketentuan sebagai penerima bansos 2021 adalah memiliki Warga Negara Indonesia (WNI), memiliki NIK KTP dan Kartu Keluarga (KK), tentunya masuk dalam kategori keluarga miskin atau rentan miskin.

Selanjutnya, KPM yang dinyatakan sebagai penerima bansos 2021 ini masuk dalam sistem Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Baca Juga: Kapal Selam TNI AL Hilang Kontak saat Latihan

Para penerima bansos 2021 bisa langsung melakukan pengecekan secara online. Cara mengecek nama penerima bansos 2021 cukup mudah dan bermodalkan NIK KTP.

Halaman:

Editor: Sunti Melati


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x