Sejarah Terciptanya Lagu Ibu Kita Kartini, Lengkap Dengan Lirik Lagu dan Chordnya

- 21 April 2021, 16:24 WIB
Hari Kartini 21 April 2021
Hari Kartini 21 April 2021 /Instagram/@bumifiksi.jakarta
 


KABAR JOGLOSEMAR- Hampir setiap kali peringatan hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April, lagu Ibu Kita Kartini rasanya tak pernah absen dinyanyikan dalam setiap kegiatan perayaan hari Kartini dibeberapa tempat.

Di balik lirik lagu yang indah dan penuh makna menyiratkan perjuangan kaum wanita, tak banyak yang mengetahui proses panjang sejarah terciptanya lagu Ibu Kita Kartini. Seperti apa sejarah lagu Ibu Kita Kartini dan siapa penulis liriknya? Yuk simak ulasannya dalam artikel berikut.

Lagu ibu kita Kartini diciptakan oleh Wage Rudolf Supratman ketika Kongres Wanita Indonesia dilaksanakan pada 22 Desember 1929.

Baca Juga: Ketemu Amanda Manopo di Toilet, Istri Pasha Ungu: Kali Aja Ketularan Main Sinetron

Saat Kongres dilaksanakan, perjuangan wanita kelahiran Jepara, Raden Ajeng Kartini disorot. Terlebih tulisan-tulisannya yang dimuat dalam buku Door Duisternis tot Licht (Habis Gelap Terbitlah Terang) yang disusun seorang Menteri Kebudayaan, Agama, dan Kerajinan Hindia Belanda, J.H Abendanon yang cukup menyita perhatian.

Buku tersebut diterbitkan pada tahun 1911 dengan Bahasa Belanda, sehingga banyak warga pribumi yang saat itu kesulitan membacanya. Pada tahun 1912, buku tersebut kemudian diterbitkan dalam bahasa melayu dan diberi judul " Habis Gelap Terbitlah Terang; Boeah Pikiran".

Dari situlah rasa penasaran seorang WR Supratman dimulai. Ia pun membaca buku tersebut dan memutuskan menciptakan lagu ibu kita Kartini.

Baca Juga: India Laporkan Lebih dari 2.000 Orang Meninggal dalam Sehari Akibat Covid-19

WR Supratman berharap lagu yang diciptakannya bisa menjadi contoh wanita Indonesia untuk mengikuti perjuangan Kartini.

"Alangkah baiknya saya menggubah lagu untuknya, agar wanita Indonesia lebih mengenal dan mengikuti jejaknya, serta menghargai jasa-jasanya," demikian disampaikan WR Supratman yang dikenal sebagai pencipta lagu-lagu nasional.

Berikut Lirik Lagu Ibu Kita Kartini beserta Chordnya

Halaman:

Editor: Sunti Melati


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X