Makna Perjuangan RA Kartini bagi Noken Solutions

- 21 April 2021, 06:24 WIB
Founder Noken Solutions Elna Febi Astuti.
Founder Noken Solutions Elna Febi Astuti. /Foto : Dok Pribadi
 

KABAR JOGLOSEMAR - Setiap tanggal 21 April tiap tahun, bangsa Indonesia memperingati hari lahir RA Kartini sebagai sosok pejuang emansipasi wanita. Peringatan hari lahir RA Karini tersebut dilakukan dengan beragam cara untuk mengenang jasa perempuan asal Jepara itu.

Menurut Elna Febi Astuti, Founder Noken Solutions, Raden Ajeng (RA) Kartini harus diakui menjadi salah satu ikon penting perjuangan emansipasi perempuan di negeri ini.

Kegundahan RA Kartini yang tumbuh dan berkembang di tengah sistem sosial patriarki, membangkitkan kesadaran bagi dirinya untuk melawan.

Baca Juga: 12 Klub Elit Ini sebagai Penggagas Kompetisi Liga Super Eropa

Baca Juga: Pengadilan Madrid Larang EUFA dan FIFA Hentikan European Super League

Dikatakan, gagasan perjuangan emansipasi perempuan, termasuk yang dilakukan oleh RA Kartini, acapkali ditangkap secara prematur oleh kacamata publik, yakni hanya sebatas soal kesetaraan antara hak laki-laki dan perempuan untuk mendapatkan kesempatan yang sama dalam beragam bidang kehidupan.

Namun, menurut Elna Febi Astuti, esensi emansipasi perempuan sebenarnya lebih jauh lagi, yakni mengenai bagaimana kaum perempuan mendapatkan haknya untuk merdeka, bebas untuk mengembangkan dirinya serta berkontribusi lebih banyak untuk kepentingan bangsa dan negara, tanpa sedikitpun menghilangkan jati dirinya.

Tantangan perubahan sosial dan peradaban masa kini, menurut Ela Febi Astuti dalam siaran pers yang dikirim kepada Kabar Joglosemar pada Selasa 20 April 2021, mengharuskan setiap manusia untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensinya, tidak terkecuali bagi kaum perempuan.

Baca Juga: Dikabarkan Mulai Goyah, Akankah Chelsea dan Manchester City Mundur dari European Super League?

Halaman:

Editor: Sunti Melati


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x