Lafal Bacaan Takbir Idul Fitri, Arab, Latin Lengkap Beserta Artinya

- 20 April 2021, 19:02 WIB
ilustrasi Ramadhan/
ilustrasi Ramadhan/ /pixabay/Dannysee
 


KABAR JOGLOSEMAR- Momentum hari raya Idul Fitri dan malam takbiran yang biasanya diadakan satu hari sebelum Idul Fitri menjadi momen yang selalu ditunggu-tunggu umat muslim.

Gema takbir yang berkumandang membuat hati tenanh sekaligu sedih karena menandakan Ramadhan akan segera berakhir dan berharap bisa bertemu kembali di bulan Ramadhan tahun berikutnya.

Sebagian masyarakat ada yang belum mengetahui tentang keutamaan malam takbiran dan lafal bacaan doa ketika malam takbir. 

Baca Juga: Muncul Rumor Jackson GOT7 Isi OST Film Marvel Shang-Chi, Penggemar Heboh
 
Baca Juga: Jinyoung GOT7 Disebut Akan Bintangi Drakor Yumi’s Cells Bersama Kim Go Eun

Berikut lafal bacaan doa yang bisa dilakukan ketika malam takbi jelang Idul Fitri tiba. 

Takbir terbagi dua macam yakni takbir mursal dan takbir muqayyad. Takbir mursal adalah pembacaan takbir yang tidak terikat waktu sehingga dianjurkan sepanjang malam. Seperti takbir di malam Idul Fitri dan Idul Adha.

Waktu melaksanakan takbir mursal dimulai dari terbenamnya matahari malam sebelum Idul Fitri hingga imam melakukan takbiratul ihram shalat Idul Fitri meliputi idul fitri maupun idul adha.

Baca Juga: Dituding Lupakan Keluarga di NTT, Betrand Peto: Mana Kasih Sayangnya?
 
Baca Juga: Arya Saloka Unfollow Amanda Manopo, Berikut Daftar Akun Instagram Pemeran Ikatan Cinta

Sedangkan takbir muqayyad adalah takbiran yang terbatas pada waktu, seperti pembacaan takbir setiap selesai shalat lima waktu selama hari raya Idul Adha dan hari tasyrik, 11, 12 dan 13 dzulhijjah.

Waktu pembacaannya adalah setelah shalat shubuh hari Arafah (9 Dzulhijjah) hingga ashar akhir hari Tasyriq (13 Dzulhijjah).

Anjuran pembacaan takbir ini berlandaskan pada surat Al-Baqarah ayat 185:

Halaman:

Editor: Sunti Melati


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x