Yossie Riyani Youtuber Berkebaya, Pelantun Lagu Jawa dari Yogyakarta

- 20 April 2021, 14:24 WIB
Yossie Riyani saat melantunkan lagu “Aja Mung Lamis”/
Yossie Riyani saat melantunkan lagu “Aja Mung Lamis”/ /Foto tangkapan layar Youtube
 

KABAR JOGLOSEMAR -- “Aja sok gampang janji wong manis yen to amung lamis. Becik aluwung prasaja nimas ora agawe cuwa”. Itulah sepenggal lirik dari lagu yang berjudul “Aja Mung Lamis”, karya dalang kondang almarhum Ki Nartosabdo yang dinyanyikan oleh Yossie Riyani, seorang YouTuber baru pelantun lagu-lagu berbahasa Jawa berasal dari Yogyakarta.

Ibu dua putri itu mengawali profesi sebagai YouTuber itu, dengan lagu rohani Jawa, berjudul “Katresnan Tanpa Wates” yang diunggah di chanel youtube Gereja Kristen Jawa (GKJ) Sedayu pada bulan Desember 2020. Hasil berkolaborasi bersama Minstry Concept yaitu kelompok pemuda multi media GKJ Sedayu, Kabupaten Bantul.

“Dari pengalaman pertama tersebut pada bulan yang sama Desember 2020, saya membuat akun kanal youtube sendiri, meng-cover lagu “Tembang Tresna”, ciptaan Arya Satria. Disusul bulan Januari 2021, saya membuat cover lagu yang ke 2 dengan lagu Cinta Terisolasi,” terang Yossie kepada Kabar Joglosemar.

Baca Juga: Ikatan Cinta 20 April: Michelle Bocorkan Soal Makam Roy, Rencana Aldebaran dan Angga Kacau

Baca Juga: Simak, Ini Hukum Takbir Keliling Sesuai Syariat Islam Menjelang Idul Fitri

Wanita Jawa pemilik nama asli Yosi Ikariyani ini bersuami Andreas Sitepu asli Batak Karo berdomisili di Agorejo, Sedayu, Bantul mengaku, bahwa dirinya hanya seorang ibu rumah tangga biasa yang suka dengan kesenian dan budaya Jawa.

“Untuk tarik suara sudah sejak kecil juga dalam beribadat. Suami saya sangat mendukung, kebetulan suami juga berlatar belakang pendidikan seni, alumni ISI Yogyakarta,”ucap Yossie Riyani.

Pada bulan Maret 2021 berksempatan meng-cover lagu “Gambang Suling”, tambah Yossie, dengan melibatkan ibu-ibu dari Komunitas Wanita Pelestari Budaya Nusantara, sebagai penari latar juga pembacaan Geguritan (Puisi Jawa) berjudul “Piwelinge Ibu”, karya Drs. Wahyu, ST dibacakan oleh Sisca Avri.

Baca Juga: Presiden Real Madrid Florentino Perez jadi Trending di Twitter

Baca Juga: Jinyoung B1A4 dan Krystal f(x) Akan Bintangi Drama Bertema Polisi

Halaman:

Editor: Sunti Melati


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X