RSUP Sardjito Yogyakarta Kembangkan Terapi Pasien Covid-19 Menggunakan Tali Pusat Bayi

- 19 April 2021, 10:42 WIB
Konferensi pers Terapi Pasien Covid-19 Menggunakan Tali Pusat Bayi
Konferensi pers Terapi Pasien Covid-19 Menggunakan Tali Pusat Bayi /dok. RSUP dr. Sardjito

KABAR JOGLOSEMAR — RSUP Dr Sardjito Yogyakarta mengembangkan terapi bagi pasien Covid-19 dengan menggunakan sel punca pada pasien Covid-19 derajat berat.

Sel punca atau stem cell merupakan tali pusat bayi yang diolah lalu didonorkan kepada pasien Covid-19.

Menurut Kepala Bagian Hukum dan Humas RSUP Dr Sardjiot Banu Hermawan, injeksi stem cell pertama pada pasien Covid-19 di RSUP Dr Sardjito dilakukan pada 29 Januari 2020 kepada pasien laki-laki berusia 63 tahun.

Baca Juga: Doa Terkabul, Ini 7 Waktu Mustajab untuk Berdoa di Bulan Ramadhan

Setelah injeksi stem cell, pasien tersebut menunjukkan perbaikan yang menggembirakan. Dari hasil pemeriksaan rontgen dada (chest x-ray) satu minggu pasca terapi stem cell menunjukkan perbaikan yang signifikan pada kondisi paru pasien.

Terapi stem cell ini dilakukan RSUPDr Sardjito Yogyakarta bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK-KMK) UGM.

Terapi stem cell pada pasien Covid-19 derajat berat di RSUP Dr Sardjito tersebut sudah mendapat izin dari BPOM dan sudah masuk dalam standar terapi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan.

Menurut Banu Hermawan dalam rilisnya kepada wartawan, hari Jumat 16 April 2021, sampai saat ini penelitian ini telah merekrut 9 pasien, dengan hasil yang masih dalam tahap evaluasi.

Penelitian ini menggunakan metode Uji Klinik Acak Buta Ganda Terkontrol (Randomized, Double-Blind, Placebo-Controlled Trial), yang merupakan standar tertinggi untuk penelitian obat pada manusia.

Halaman:

Editor: Ayusandra Adhitya Septi Andani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x