Menuai Kritik, Joe Biden Akan Naikan Batasan Pengungsi AS

- 18 April 2021, 08:11 WIB
Presiden AS Joe Biden
Presiden AS Joe Biden /Instagram/@potus

KABAR JOGLOSEMAR - Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengatakan bahwa akan menaikkan batasan jumlah pengungsi yang diterima tahun ini ke Amerika Serikat.

Hal itu dikatakan Joe Biden pasa Sabtu, sehari setelah dia mendapat kecaman dari anggota parlemen Demokrat karena setuju untuk mempertahankan angka historis yang rendah.

Sebelumnya, Biden menandatangani perintah pada hari Jumat yang memperpanjang batas penerimaan 15.000 pengungsi yang dikeluarkan oleh pendahulunya Donald Trump hingga akhir September.

Baca Juga: Tak Ingin Ada yang Sakit Terlalu Lama, Ganjar Pranowo Kirim Bantuan ke Jawa Timur

Dalam penandatanganan pesanan, Biden mengesampingkan rencana yang diumumkan pada bulan Februari untuk meningkatkan batas menjadi 62.500.

Biden mengatakan di Delaware pada Sabtu bahwa dia akan melampaui batas 15.000.

"Kami akan menambah jumlah. Masalahnya, bagian pengungsi sedang menangani krisis yang berakhir di perbatasan dengan anak muda. Kami tidak bisa melakukan dua hal sekaligus, jadi sekarang kami akan meningkatkan jumlahnya," kata Biden dikutip dari Reuters.

Dengan Biden dikritik oleh anggota parlemen dan kelompok advokasi pengungsi, sekretaris pers Gedung Putih Jen Psaki mengatakan Jumat bahwa ia berencana untuk "menetapkan batas akhir pengungsi untuk sisa tahun fiskal ini pada 15 Mei."

Baca Juga: Minggu Paskah III, Cek di Sini Jadwal Misa Live Streaming Minggu 18 April 2021

Perintah Biden untuk membatasi penerimaan hingga 15.000 adalah pukulan bagi kelompok-kelompok advokasi yang ingin presiden Demokrat itu bergerak cepat untuk membalikkan kebijakan pengungsi dari Partai Republik Trump, yang telah menetapkan angka tersebut sebagai cara untuk membatasi imigrasi.

Halaman:

Editor: Galih Wijaya

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X