Siklon Tropis Seroja Penyebab Banjir Bandang NTT, Bukti Nyata Dunia Dilanda Pemanasan Global?

- 6 April 2021, 07:28 WIB
Sejumlah rumah dan kendaraan rusak akibat banjir bandang di Desa Waiburak, Kecamatan Adonara Timur, Flores Timur, NTT, Minggu, 4 April 2021. Truk tangki Pertamina ikut merasakan ganasnya banjir di Flores Timur.
Sejumlah rumah dan kendaraan rusak akibat banjir bandang di Desa Waiburak, Kecamatan Adonara Timur, Flores Timur, NTT, Minggu, 4 April 2021. Truk tangki Pertamina ikut merasakan ganasnya banjir di Flores Timur. /HUMAS BNPB/ANTARA FOTO
 


KABAR JOGLOSEMAR - Penyebab banjir bandang yang terjadi di NTT dan menelan puluhan korban jiwa disebabkan oleh Siklon Tropis Seroja. 

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo mengatakan, Siklon Tropis Seroja yang terjadi di NTT saat ini adalah bukti nyata terjadinya pemanasan global di dunia saat ini dan terdampak ke beberapa negara termasuk Indonesia.

"Adanya siklon tropis seroja Ini sudah nyata, bukan lagi omong kosong, global warming bukan omong kosong," ujar Doni.

Baca Juga: Update Banjir Bandang NTT, 84 Orang Meninggal 71 Orang Dalam Pencarian

Baca Juga: Panduan Ibadah Ramadhan 2021, Shalat Tarawih Diperbolehkan Dengan Syarat Berikut

Anomali cuaca ini sudah diprediksi oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sejak 2 April 2021 saat melihat bibit siklon yang akhirnya berubah menjadi badai siklon tropis di sekitar perairan NTT.

Akibat global warming terjadilah aliran angin yang sifatnya siklonik dan ini sangat jarang terjadi di wilayah tropis seperti Indonesia. Namun  5-10 tahun fenomena ini justru terjadi karena dampak perubahan iklim global," tutur Kepala BMKG, Dwikorita.

Dwikorita menambahkan, BMKG telah menerbitkan peringatan dini terkait bahaya Gelombang Tinggi 4 - 6 meter akibat siklon tropis Seroja yang berlaku dari tgl 5 - 6 April 2021.

Baca Juga: 9 Fakta Lengkap Larangan Mudik 2021, Berlaku Selama 12 Hari
 
Baca Juga: BLT UMKM Rp1,2 Juta Masih Bisa Cair, Ini Cara dan Link Pendaftarannya

Seperti diketahui, siklon Tropis Seroja menerjang 10 kabupaten dan 1 kota di NTT. Daerah-daerah itu adalah Kota Kupang, Kabupaten Flores Timur, Kabupaten Malaka Tengah, Kabupaten Lembata, Kabupaten Ngada, Kabupaten Alor, Kabupaten Sumba Timur, Kabupaten Rote Ndao, Kabupaten Sabu Raijua, Kabupaten Timor Tengah Selatan, dan Kabupaten Ende.***

Halaman:

Editor: Sunti Melati


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x