BMKG Peringatkan Siklon Tropis Seroja Menguat 24 Jam ke Depan

- 5 April 2021, 10:58 WIB
Ilustrasi prediksi BMKG terkait hujan lebat di sejumlah wilayah di Indonesia
Ilustrasi prediksi BMKG terkait hujan lebat di sejumlah wilayah di Indonesia /Pixabay/ MonikaP

KABAR JOGLOSEMAR - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan adanya masyarakat terkait cuaca ekstrem.

Dalam peringatannya BMKG, diperkirakan siklon tropis Seroja akan menguat dalam 24 jam ke depan.

"Diperkirakan intensitas siklon tropis Seroja menguat dalam 24 jam ke depan dan bergerak ke arah barat daya," ungkap Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto, Senin, 5 April 2021 seperti dikutip KabarJoglosemar.com dari Antara.

Baca Juga: Jangan Tunggu SMS, Penerima BPUM UMKM Bisa Dicek Melalui Link Ini. Simak Syarat dan Caranya

Adapun siklon tropis Seroja tersebut berkekuatan 55 knot (100 km/jam) dan kecepatan 10 knot (19 km/jam) bergerak menjauhi wilayah Indonesia.

Menurut analisis yang diungkapkan oleh pihak BMKG, diprediksi 24 jam ke depan atau pada Selasa,6 April 2021 pukul 01.00 WIB, siklon tropis Seroja berada pada posisi di Samudra Hindia sebelah barat daya Pulau Rote, 11.6 Lintang Selatan, 120.0 Bujur Timur atau sekitar 360 km sebelah barat barat daya Rote.

Dikatakan Guswanto menguatnya siklon tropis tersebut menyebabkan potensi hujan di wilayah Nusa Tenggara Timur dengan intensitas sedang hingga sangat lebat yang disertai kilat serta angin kencang.

Tak hanya itu, sejumlah wilayah juga berpotensi mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat/petir serta angin kencang.

Baca Juga: Puluhan Warga Hilang Terbawa Banjir Bandang di Flores Timur

Halaman:

Editor: Galih Wijaya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x