Misa Kamis Putih di Gereja-gereja di Jogja Aman dan Lancar

- 1 April 2021, 21:04 WIB
Romo Robertus Hardianta Pr mengangkat Sakramen Maha Kudus pada Misa Kamis Putih di Gereja St Petrus dan Paulus Babadan pada Rabu 31 Maret 2021 pukul 18.00 WIB.
Romo Robertus Hardianta Pr mengangkat Sakramen Maha Kudus pada Misa Kamis Putih di Gereja St Petrus dan Paulus Babadan pada Rabu 31 Maret 2021 pukul 18.00 WIB. /Foto : Kabar Joglosemar/Philipus Jehamun
 
 
 
KABAR JOGLOSEMAR - Pelaksanaan misa kamis putih di gereja-gereja di Jogja sejak Rabu 31 Maret 2021 dan Kamis 1 April 2021 berlangsung aman dan lancar.
 
Meski berlangsung di tengah aksi teror sejak perayaan Minggu Palma di Gereja Katedral Makassar 28 Maret 2021 dan aksi penembakan di Mabes Polri pada Rabu 31 Maret 2021, namun tidak mengurungkan niat umat Kristiani mengikuti rangkaian perayaan Tri Hari Suci Paskah.
 
Pada perayaan Misa Kamis Putih sejak Rabu 31 Maret 2021 sore dan Kamis 1 April 2021, umat Kristiani tetap antusias mengikuti Misa Kamis Putih baik secara langsung di gereja (offline) maupun secara daring (online).
 
 
 
Di Gereja Paroki St Petrus dan Paulus Babadan, Wedomartani, Ngemplak, Sleman, Misa Kamis Putih untuk mengenang peristiwa Perjamuan Terakhir Yesus bersama murid-muridNya, misa digelar dua kali yakni pada hari Rabu 31 Maret dan Kamis 1 April 2021 pukul 18.00 WIB.
 
Misa Kamis Putih yang mengawali rangkaian perayaan Tri Hari Suci itu berlangsung meriah. Umat tetap merasa aman dan nyaman mengikuti misa meski berlangsung dalam suasana pandemi Covid-19 maupun aksi teror.
 
Kenyamanan dan keamanan tercipta karena gereja-gereja dijaga aparat keamanan dari kepolisian, TNI maupun petugas keamanan internal gereja.
 
 
 
"Saya merasa aman dan nyaman mengikuti misa di gereja meski ada aksi teror bom di Gereja Katedral Makassar pada minggu lalu. Saya berterima kasih kepada Polisi dan TNI maupun warga sekitar gereja yang bersama petugas keamanan gereja bahu-membahu menjaga keamanan gereja," kata Ratnawati, salah satu umat Katolik Gereja St Petrus dan Paulus Babadan kepada Kabar Joglosemar uisa mengikuti misa Kamis Putih pada Rabu 31 Maret 2021 sore.
 
Pelaksanaan misa Kamis Putih dan perayaan Tri Hari Suci lainnya berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Pada perayaan Kamis Putih kali ini sejumlah upacara seperti peragaan pembasuhan kaki para rasul dan perarakan maupun acara tuguran ditiadakan.
 
"Karena perayaan masih berlangsung di tengah pandemi Covid-19 maka misa disederhanakan dan dipersingkat. Yang penting inti perayaan tetap ada yakni ekaristi suci," kata Romo Robertus Hardianta Pr yang memimpin misa Kamis Putih pada Rabu sore pukul 18.00 31 Maret 2021.
 
 
 
Hal yang sama juga terjadi di Gereja Paroki St Yohanes Rasul Pringwulung Condongcatur, Depok, Sleman. Peserta misa dibatasi dan umat yang mengikuti di gereja tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.
 
Untuk misa offline atau langsung di gereja, rangkaian perayaan Tri Hari Suci yang dimulai pada hari Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci hingga Minggu Paskah diikuti umat secara terbatas. Umat yang mengikuti misa offline atau langsung di gereja didaftar terlebih dahulu.
 
Selain itu, peserta misa wajib mengikuti protokol kesehatan seperti menggunakan masker, mencuci tangan di depan pintu gerbang gereja, tes suhu badan dan jarak duduk di dalam gereja juga diatur. Satu bangku yang biasa ditempati 5-6 umat, hanya ditempat 2 umat.***
 
 

Editor: Sunti Melati


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x