Dibuka April 2021, Simak Jadwal Pendaftaran Maupun Seleksi CPNS dan PPPK

- 27 Maret 2021, 15:15 WIB
Ini Rincian Formasi CPNS 2021 yang Akan Dibuka April Nanti
Ini Rincian Formasi CPNS 2021 yang Akan Dibuka April Nanti /Pixabay

KABAR JOGLOSEMAR - Tahun 2021 kembali dibuka seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Pendaftaran CPNS/ CASN maupun PPPK mulai dibuka pada April 2021 secara bertahap.

Kepastian pembukaan seleksi CPNS 2021 serta Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) diungkap dalam rapat kerja Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dengan Komisi II DPR RI pada Rabu, 24 Maret 2021 kemarin.

Baca Juga: Terbaru! Ini Jadwal Misa Live Streaming Perayaan Minggu Palma, 27-28 Maret 2021

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo mengungkapkan jika seleksi CPNS 2021 diperuntukkan untuk PNS, PPPK, dan sekolah kedinasan.

Dia memberi gambaran total ada 1 juta formasi untuk guru PPPK. Selanjutnya, CPNS dan PPPK non guru dibuka 83.000 formasi untuk pemerintah pusat. Ada 189.000 formasi untuk pemerintah daerah yang dialokasikan untuk CPNS dan PPPK non guru.

Namun realisasinya bisa berubah mengingat anggaran CPNS dan PPPK 2021 juga terbatas. Sementara itu, proses seleksi CPNS dan PPPK 2021 dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana dalam rapat kerja dengan Komisi II DPR RI membeberkan jika pendaftaran hingga proses seleksi CPNS maupun PPPK dilakukan mulai April 2021.

"Tahun ini kami berharap pada bulan April sudah bisa dimulai pendaftaran terutama untuk sekolah kedinasan, karena apa, karena kami tidak ingin itu disatukan agar protokol kesehatan bisa terjaga, karena kalau terlalu banyak ini agak sulit menjaga protokol kesehatannya," ungkapnya pada Rabu, 24 Maret 2021 dikutip Kabar Joglosemar.

Pendaftaran CPNS, PPPK guru, dan PPPK non guru akan diawali dengan pendaftaran sekolah pendidikan kedinasan.

Halaman:

Editor: Ayusandra Adhitya Septi Andani


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X