Begini Bocoran Formasi, Jadwal Pendaftaran dan Seleksi CPNS dan PPPK yang Dibuka Mulai April 2021

- 26 Maret 2021, 09:35 WIB
Ini Rincian Formasi CPNS 2021 yang Akan Dibuka April Nanti
Ini Rincian Formasi CPNS 2021 yang Akan Dibuka April Nanti /Pixabay

KABAR JOGLOSEMAR - Pemerintah dipastikan membuka pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) pada tahun 2021. Rencananya, pendaftaran akan mulai dibuka pada April 2021 secara bertahap.

Kepastian pembukaan seleksi CPNS 2021 serta Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) diungkap dalam rapat kerja Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dengan Komisi II DPR RI pada Rabu, 24 Maret 2021 kemarin.

Baca Juga: Coba Login kemnaker.go.id untuk Mengecek Penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan, Ini Caranya

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo menyampaikan kalau seleksi CPNS 2021 diperuntukkan untuk PNS, PPPK, dan sekolah kedinasan.

Pihaknya merinci sebanyak 1 juta formasi untuk guru PPPK. Selanjutnya, CPNS dan PPPK non guru dibuka 83.000 formasi untuk pemerintah pusat.

Ada 189.000 formasi untuk pemerintah daerah yang dialokasikan untuk CPNS dan PPPK non guru.

Pendaftaran dan proses seleksi CPNS dan PPPK akan dilakukan secara terpisah dengan alasan demi menjaga protokol kesehatan selama pandemi Covid-19.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana dalam rapat kerja dengan Komisi II DPR RI.

"Tahun ini kami berharap pada bulan April sudah bisa dimulai pendaftaran terutama untuk sekolah kedinasan, karena apa, karena kami tidak ingin itu disatukan agar protokol kesehatan bisa terjaga, karena kalau terlalu banyak ini agak sulit menjaga protokol kesehatannya," terangnya pada Rabu, 24 Maret 2021 dikutip Kabar Joglosemar.

Halaman:

Editor: Ayusandra Adhitya Septi Andani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x