Ramadhan 1442 H Sebentar Lagi, Simak Makna Puasa Menurut Cak Nun

- 21 Maret 2021, 15:14 WIB
Emha Ainun Najib alias Cak Nun /
Emha Ainun Najib alias Cak Nun / /Instagram.com @gamelankiaikanjeng
 
KABAR JOGLOSEMAR - Ramadhan 1442 H atau bulan puasa akan tiba sebentar lagi. Adapun makna puasa menurut Emha Ainun Najib alias Cak Nun.
 
Belakangan ini diketahui, PP Muhhamadiah menetapkan Ramadhan 1442 H atau bulan puasa akan jatuh pada tanggal 13 April 2021. 
 
Menurut Cak Nun, makna bulan puasa merupakan momen untuk 'pacaran' dengan Allah SWT. 
 
 
Artinya, Cak Nun memberikan makna bahwa sepatutnya sepanjang bulan puasa setiap umat Islam memanfaatkan momen ini untuk mendekatkan diri dengan Allah SWT.
 
Sejatinya, kesempurnaan puasa merupakan hal pribadi yang hanya dikethui oleh Allah SWT dan umat Islam yang menjalankannya. 
 
Oleh karenanya, perlu dilakukan pendekatan intim antara umat Islam dengan Sang Pencipta. 
 
 
Berdasarkan pandangan Cak Nun, hubungan tersebut perlu diperbaiki jelang atau selama bulan puasa
 
Sebab, bulan puasa juga ia maknai dengan momen yang penuh dengan berkah serta hidayah dari Allah SWT. 
 
Selain berkah dan hidayah dari Allah SWT, bulan puasa juga merupakan wadah  bagi tiap umat Islam untuk merenung.  
 
 
Dalam hal ini, selama bulan puasa  sebaiknya umat Islam senantiasa melakukan refleksi diri atas kejadian yang telah berlalu. 
 
Dengan adanya momen bulan puasa,  Diharapkan setiap insan manusia mampu menilai dirinya sendiri agar melahirkan pribadi baru yang jauh lebih baik lagi.
 
Selain dari hubungan insan manusia dengan Allah SWT, Cak Nun memberikan makna bulan puasa dari segi kesehatan. 
 
 
Menurut Cak Nun, puasa mampu melakukan kontrol tubuh. Artinya, ia mengatakan bahwa ibarat mesin, tubuh manusia juga perlu diperbaiki. 
 
Sehingga, momen Ramadhan 2021 bakal menjadi masa bagi tubuh untuk melakukan perbaikan dengan sendirinya (self repairing).
 
Terakhir, puasa juga menjadi sarana umat Islam untuk mendewasakan diri. Hal ini merajuk pada makna puasa sebagai sarana merenung.
 
 
Dengan adanya relfleksi diri dalam renungan tersebut, maka tidak menutup kemungkinan bahwa umat Islam yang menjalankan puasa bakal menjadi pribadi yang lebih baik atau dewasa. 
 
Seperti diketahui, Ramadhan 1442 akan tiba sebentar lagi. Dengan mengetahui makna puasa menurut Cak Nun, maka diharapkan hal tersebut mampu menambah iman dalam menjalankan ibadah puasa. ***
 

Editor: Sunti Melati

Sumber: nu.co.id


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X