Ramadhan 1442 Sebentar Lagi, Ini 7 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Puasa

- 20 Maret 2021, 22:23 WIB
Yang tidak boleh dilakukan saat puasa
Yang tidak boleh dilakukan saat puasa //Unsplash/Christopher Jolly
 
KABAR JOGLOSEMAR - Bulan puasa atau Ramadhan 1442 sebentar lagi akan tiba. 
 
Hal ini diketahui berdasarkan keputusan PP Muhammadiyah yang telah menetapkan bahwa Ramadhan 1442 atau bulan puasa akan jatuh pada tanggal 13 April 2021. 
 
Oleh karena itu, menyongsong bulan Ramadhan 1442 ini ada baiknya kita menambah ilmu dengan mengetahui hal yang tidak boleh dilakukan saat puasa. 
 
 
Beberapa hal yang akan disajikan pada artikel ini menyebabkan puasa Anda batal. Oleh karenanya, sebaiknya hindari beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat puasa ini. 
 
Seperti dilansir KabarJoglosemar.com dari berbagai sumber, berikut 7 hal yang tidak boleh dilakukan saat puasa. 
 
1. Bersetubuh. 
 
Bersetubuh merupakan salah satu hal yang tidak boleh dilakukan saat puasa. Sebab, dalam ketentuan Islam, bersetubuh nantinya akan membatalkan puasa.
 
Meskipun demikian, ada jam-jam tertentu bagi pasangan suami Isteri untuk bersetubuh. Seperti dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 187, Allah berfirman sebagaimana berikut :
 
 
 “Dihalalkan bagi kamu pada malam hari bulan puasa bercampur dengan isteri-isteri kamu; mereka adalah pakaian bagimu, dan kamu pun adalah pakaian bagi mereka.
 
Allah mengetahui bahwasanya kamu tidak dapat menahan nafsumu, karena itu Allah mengampuni kamu dan memberi ma’af kepadamu. Maka sekarang campurilah mereka dan ikutilah apa yang telah ditetapkan Allah untukmu.”
 
Oleh karenanya, bagi pasangan suami istri yang hendak bersetubuh, diperbolehkan untuk melakukannya di malam hari ketika bulan puasa. 
 
 
2. Sengaja muntah 
 
Hal kedua yang tidak boleh dilakukan selama puasa ialah muntah dengan sengaja. Muntah dapat membatalkan puasa, kecuali apabila menjadi penanda dari sakit atau reflek karena batuk.
 
3. Berkata kotor/kasar
 
Selama bulan puasa, kita diajarkan untuk selalu menjaga perilaku, pikiran, serta perkataan. Seperti dalam hadits telah diriwayatkan seperti berikut. 
 
"Apabila seorang di antara kalian berpuasa maka janganlah ia berkata kotor, berteriak-teriak (bertengkar), dan bertindak bodoh. Jika ada orang yang mencela atau mengajaknya bertengkar maka katakan lah, “Sesungguhnya aku sedang berpuasa (dua kali),” (H.R. Bukhari dan Muslim).
 
 
4. Melamun 
 
Selain ketiga hal diatas, berkhayal atau melamun juga menjadi salah satunya yang tidak boleh dilakukan selama bulan puasa.
 
Sebab, Islam melarang seseorang untuk melakukan hal yang tidak bermanfaat serta mengajarkan bahwa mereka harus senantiasa berusaha.
 
5. Bohong 
 
Bohong merupakan salah satu hal yang berdosa. Islam tidak pernah mengajarkan umatnya untuk berbohong.
 
Hal ini diriwayatkan dalam Hadits Al Bukhari yang berbunyi sebagaimana berikut.
 
“Barangsiapa tidak meninggalkan perkataan dusta dan pengamalannya, maka Allah tidak butuh kepada perbuatannya yang meninggalkan makan dan minum”.
 
 
6. Makan 
 
Apabila sengaja dilakukan di siang bolong saat bulan puasa, tentu saja makan menjadi salah satu hal  yang membatalkan puasa.
 
Sebab, pada dasarnya keutamaan puasa ialah kemampuan seseorang untuk menahan hawa nafsunya termasuk makan. 
 
7. Minum
 
Sama halnya dengan makan, apabila sengaja minum di siang hari saat bulan puasa maka hal tersebut dapat membatalkan puasa. 
 
Selain itu, apabila memang diharuskan untuk tidak berpuasa seperti contoh wanita haid, maka disarankan untuk makan atau minum di depan orang yang tidak berpuasa. 
 
Demikian 7 hal yang tidak boleh dilakukan saat puasa. ***

Editor: Sunti Melati


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x