Presiden Jokowi Tidak Tahu-menahu Soal Manuver Moeldoko, Peneliti ANU Heran

- 13 Maret 2021, 14:48 WIB
Presiden Jokowi mengaku tidak tahu manuver politik Moeldoko
Presiden Jokowi mengaku tidak tahu manuver politik Moeldoko /Tangkapan Layar Youtube.com/Sekretariat Presiden
 


KABAR JOGLOSEMAR - Marcus Mietzner, seorang peneliti dari ANU (Australia National University) mengutarakan rasa herannya kepada Presiden Jokowi.

Ia mengatakan bahwa kemungkinan kecil seorang pemimpin negara tidak mengetahui pergerakan atau manuver dari anak buahnya.

Perlu diketahui, sebelumnya dikabarkan bahwa Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD bercerita mengenai reaksi Presiden Jokowi soal manuver Moeldoko di KLB Partai Demokrat.
 
 
 

Menurut Mahfud MD, saat ia bertanya pada Presiden, Senin (1/3) atau sebelum diselenggarakannya Kongres Luar Biasa (KLB) di Deli Serdang yang menobatkan Moeldoko sebagai Ketua Umum Partai Demokrat, Presiden Jokowi merasa kaget.

Mahfud MD selanjutnya menirukan gaya bahasa Presiden Jokowi yang menjawab pertanyaannya ''waduh saya enggak tahu betul itu'.
 
 
 
Baca Juga: Tak Hanya Kalung, Ini Cara Beli Gelang Emas Ikatan Cinta Mumpung Ada Diskon Rp350 Ribu

Tiga hari berselang, atau Kamis (4/3) Mahfud MD mengatakan bahwa dirinya juga sempat bertemu dengan sang Kepala Staf Kepresidenan tersebut.

Menurut Mahfud MD, Moeldoko tidak menyinggung sama sekali mengenai akan diselenggarakannya KLB Partai Demokrat pada keesokan harinya.

Hingga malam harinya, Moeldoko dikabarkan hendak pergi ke Sumatra Utara. Kepergian Moeldoko tersebut juga sempat ditanyakan oleh Mahfud MD.
 
 
 

Selanjutnya Mahfud MD mengatakan bahwa Moeldoko menjawab bahwasanya agenda tersebut (KLB Deli Serdang) merupakan urusan pribadinya.

Lantas, ramainya polemik ini telah menarik perhatian seorang peneliti dari ANU, Marcus Mietzner. Ia pun mempertanyakan reaksi Presiden Jokowi soal manuver Moeldoko.

"Kalau tidak tahu, kenapa dia tidak tahu? Tidak bertanya? Dan begitu sudah membaca, sudah melihat di televisi, kenapa dia tidak mengambil langkah?," kata Marcus, Jumat 12 Maret 2021.

Selanjutnya, ia mengklaim bahwa para peneliti politik Australia bahkan sudah mengetahui akan adanya manuver Moeldoko dalam Partai Demokrat.

"Kita semua di Australia tahu bahwa Moeldoko mau dijadikan ketum," tutur Marcus.

Marcus pun mempertanyakan kembali mengenai Presiden Jokowi yang tidak tau menau soal manuver Moeldoko.

"Begitu jadi (Ketua Umum Partai Demokrat), Presiden dan jubir presiden bilang bahwa kita semua kaget 'kok tiba-tiba Moeldoko menjadi ketua umum," kata Marcus Mietzner. ***



Editor: Sunti Melati

Sumber: Berbagai sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x