Liga Champions, Barcelona Ingin Kembali Mengukir Sejarah Lawan PSG

- 10 Maret 2021, 15:04 WIB
Ilustrasi sepak bola.
Ilustrasi sepak bola. /Pixabay/jarmoluk
 
KABAR JOGLOSEMAR - Barcelona akan melakukan pertandingan leg kedua babak 16 besar atau perempatfinal Liga Champions melawan PSG di Stadion Parc de Princes, Paris, Perancis, kandang PSG pada hari Kamis 11 Maret 2021 pukul 03.00 WIB.
 
Dalam laga ini, Barcelona ingin mengukir kembali sejarah saat melawan tim yang sama, PSG, dalam babak perempatfinal Liga Champions musim 2018/2018. Ketika itu, Barcelona kalah 1-4 pada laga leg pertama di kandang PSG.
 
Ketika itu banyak orang, termasuk para pendukung Barcelona, pesimistis bahwa Barcelona bisa lolos babak selanjutnya (semifinal) karena pada leg kedua minimal harus menang 3-0 di kandang sendiri agar bisa mencipta gol agregat menjadi 4-4 sebagai syarat untuk lolos karena Barcelona unggul gol tandang.
 
 
 
Dan apa yang terjadi, pada leg kedua saat itu, Barcelona menang telak 6-1 di kandang sendiri sehingga agregat menjadi 7-5 sehingga Barcelona lolos ke babak selanjutnya.
 
Hal yang kurang lebih sama terjadi pada musim ini. Pada laga lag pertama di kandang Barcelona, Camp Nou, Februari lalu, Barcelona kalah 1-4 dari tim yang sama.
 
Dan untuk bisa lolos ke babak selanjutnya atau semifinal, dalam pertandingan leg kedua nanti Barcelona harus menang 4-0.
 
 
 
Bila menengok sejarah 4 tahun lalu melawan tim yang sama pada babak yang sama Liga Champions, menang 4-0 bukan tidak mungkin terjadi. Sebab, pada laga leg kedua saat itu, Barcelona bahkan menang telak 6-1.
 
Namun bedanya, ketika itu laga leg kedua berlangsung di kandang Barcelona, Camp Nou, sementara sekarang laga leg kedua berlangsung di kandang lawan, PSG.
 
Faktor psikologis sebagai tim tamu dengan bekal kekalahan 1-4 di kandang sendiri akan ikut mempengaruhi penampilan Barcelona pada laga leg kedua nanti.
 
 
 
Selain bermain di kandang lawan dan tertinggal 1-4 sehingga harus menang 4-0-(bukan bermain seri) akan menjadi beban psikologis bagi Lionel Messi dan kawan-kawan.
 
Menang 3-0, apalagi bermain seri berapa pun golnya, Barcelona akan gagal lolos ke semifinal kompetisi bergengsi di daratan Eropa bahkan dunia ini.
 
Joan Bertran, salah satu pendukung Barcelona yang diukutip Kabar Joglosemar dari sebuah sumber, mengajak rekannya untuk realistis. Sebab, untuk bisa menang 4-0 di kandang lawan merupakan suatu hal yang mustahil.
 
 
 
"Barcelona bisa saja menang 3-1 atau 2-0 dalam pertandingan nanti, namun hal itu tak akan berarti karena tetap gagal lolos ke babak semifinal. Namun, untuk menang 4 gol tanpa balas alias tidak kebobolan, merupakan hal yang mustahil," kata Joan Bertran.***

 

Editor: Sunti Melati


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x