Bendungan Tapin Multifungsi, Termasuk Mampu Mengatasi Banjir

- 19 Februari 2021, 12:36 WIB
Presiden Joko Widodo saat meresmikan Bendungan Tapin di Kalimantan Selatan, Kamis, 18 Februari 2021/
Presiden Joko Widodo saat meresmikan Bendungan Tapin di Kalimantan Selatan, Kamis, 18 Februari 2021/ /Twitter.com/@jokowi

KABAR JOGLOSEMAR - Bendungan Tapin di Kalimantan Selatan memiliki banyak fungsi atau manfaat (multifungsi). Selain untuk mengairi lahan pertanian, Bendungan Tapin mampu mengatasi atau mereduksi bahaya banjir sampai 60 persen.

Bendungan Tapin yang dibangun sejak tahun 2015 dan diresmikan Presiden Joko Widodo pada hari Kamis 18 Februari 2021 itu menelan biaya sebesar Rp 986,5 miliar.

Bendungan Tapin yang berkapasitas atau memiliki daya tampung 56,77 juta meter kubik air dengan luas genangan mencapai 425 hektar itu sangat bermanfaat untuk mengairi lahan pertanian sekitar 5.472 hektare.

Baca Juga: Keluarga Aldebaran ‘Ikatan Cinta,’ Keluarga Fiktif yang Disayang Penggemar di Indonesia

Baca Juga: Dua Tahun Selingkuh, Nissa Sabyan dan Ayus Diduga Sudah Nikah Siri

Selain itu, Bendungan Tapi juga berfungsi untuk menyediakan air baku hingga 500 liter per detik dan memiliki potensi besar untuk menyediakan tenaga listrik mencapai 3,3 megawatt serta mereduksi banjir hingga 60 persen.

Penjabat Gubernur Kalimantan Selatan Safrizal dalam laporannya kepada Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa sebelum diresmikan, Bendung Tapin sudah mampu memberikan dampak instan bagi wilayah sekitarnya.

Bendungan Tapin yang disebut Safrizal sebagai proyek monumental di Kalimantan Selatan tersebut mampu mereduksi aliran banjir sehingga membuat Kabupaten Tapin menjadi satu dari sejumlah wilayah yang memperoleh dampak minim bencana terjadi banjir.

Baca Juga: Terungkap, Sosok Ini Wariskan Wajah Tampan Pada Pemeran Utama Sinetron Ikatan Cinta Arya Saloka

Halaman:

Editor: Sunti Melati

Sumber: Kominfo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x