Tak Gunakan Subsidi Upah, Ini Bocoran Pengganti BLT BPJS Ketenagakerjaan 2021

- 7 Februari 2021, 21:06 WIB
Ilustrasi bantuan Bansos Kemensos
Ilustrasi bantuan Bansos Kemensos /Kabar Joglosemar/Galih Wijaya

 

KABAR JOGLOSEMAR - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menyampaikan kalau pemerintah sudah tidak lagi menggunakan bantuan subsidi upah (BSU) 2021.

Ia mengungkapkan kalau ada program Kartu Prakerja yang masih akan dilanjutkan pada tahun 2021. Pemerintah mengalokasikan dana untuk Program Kartu Prakerja.

Baca Juga: Bukan Uang, Ini Pengganti BLT BPJS Ketenagakerjaan 2021 yang Disiapkan Kemnaker

Namun, Bantuan Subsidi Upah (BSU) sudah tidak dialokasikan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2021.

Ada isyarat kalau program Kartu Prakerja menjadi pengganti BLT BPJS Ketenagakerjaan 2021.

“Kita tidak menggunakan subsidi upah, tapi program Kartu Prakerja yang di situ ada insentifnya tetap dilanjutkan,” ungkap Menaker Ida dikutip Kabar Joglosemar saat melakukan kunjungan di Cikarang, Jawa Barat, pada Rabu 3 Februari 2021.

Diungkapkan Menaker Ida, alokasi dana yang dianggarkan pemerintah untuk melanjutkan program Kartu Prakerja meningkat. Ada sekitar Rp20 triliun yang bakal digunakan untuk Kartu Prakerja.

Sementara itu, BLT BPJS Ketenagakerjaan bagi pekerja dengan gaji di bawah Rp5 juta per bulan sudah tidak dialokasikan pemerintah.

Ditegaskan Ida, kalau konsentrasi pemerintah untuk membantu para pekerja atau buruh terdampak pandemi COVID-19 kini melalui Kartu Prakerja.

Halaman:

Editor: Ayusandra Adhitya Septi Andani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x