Kominfo Buat Roadmap Indonesia Digital pada 4 Sektor Strategis Ini

- 3 Februari 2021, 14:16 WIB
Ilustrasi digital Indonesia
Ilustrasi digital Indonesia ///Pixabay/Firmbee
 
KABAR JOGLOSEMAR - Roadmap atau peta jalan Indonesia Digital tahun 2021-2024 telah disusun dan selesai dilakukan oleh Kementerian Kominfo (Komunikasi dan Informatika).
 
Dan sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), peta jalan atau Roadmap Indonesia Digital tersebut memuat 4 sektor strategis yakni infrastruktur digital, pemerintahan digital, ekonomi digital, dan masyarakat digital.
 
Menurut Johnny G Plate, Menteri Kominfo, Roadmap Indonesia Digital 2021-2024  berisi arah kebijakan, implementasi pelaksanaan dan target capaian untuk transformasi digital Indonesia pada 4 sektor strategis.
 
 
 
Dalam Raker bersama Komisi I DPR RI di Gedung DPR-RI Senayan Jakarta pada hari Senin (1/2/2021) Menteri Kominfo, Johny G Plate mengatakan secara paralel dokumen roadmap Indonesia Digital sudah diberikan kepada Presiden Jokowi.
 
Dan saat ini tinggal menunggu petunjuk dan arahan lebih dari Presiden sebelum diumumkan kepada masyarakat.  
 
Dikatakan, roadmap Indonesia Digital disusun sesuai 5 arahan Presiden Jokowi yang menyangkut percepatan transformasi digital Indonesia.
 
 
 
Dikatakan, ketika memimpin rapat terbatas percepatan transformasi digital pada Agustus 2020 lalu, Presiden Jokowi menyampaikan arahan terkait percepatan transformasi digital dengan 5 langkah,yakni:
 
1. segera lakukan percepatan perluasan akses dan peningkatan infrastruktur digital
2. dipersiapkan peta jalan atau road map transformasi digital di sektor-sektor strategis, seperti  pemerintahan, layanan publik, bantuan sosial, pendidikan, kesehatan, perdagangan, industri dan penyiaran agar utilitisasi infrastruktur meningkat
3. percepat integrasi pusat data nasional
4. menyiapkan talenta sumber daya manusia (SDM)
5. menyiapkan hal-hal yang berkaitan dengan regulasi, skema pendanaan dan pembiayaan transformasi digital
 
 
 
Menurut Menteri Kominfo yang dikutip Kabar Joglosemar dari laman resmi kominfo, Rabu, 3 Pebruari 2021, 4 sektor strategis untuk mewujudkan transformasi digital Indonesia adalah infrastruktur digital, pemerintahan digital, ekonomi digital dan masyarakat digital.
 
Penyusunan roadmap Indonesia Digital tersebut melibatkan mitra Kementerian Kominfo, kementerian dan lembaga terkait, termasuk perwakilan sektor swasta dan masyarakat.
 
Dikatakan, arahan Presiden Jokowi tersebut secara umum diterjemahkan dalam 4 arah strategis yang dikelompokkan ke dalam 4 sektor strategis.
 
 
 
Selanjutnya, arahan strategis di setiap sektor diturunkan menjadi rincian-rincian inisiatif strategis yang lebih spesifik demimempermudah pelaksanaan di kemudian hari.
 
Menurut Menteri Johnny, kementerian yang dipimpinnya berusaha mencakup berbagai bidang secara komprehensif sebagai upaya membuka ruang bagi pemangku kepentingan guna bersama-sama mendorong realisasi transformasi digital Indonesia yang didalamnya tak kurang dari 100 kegiatan yang harus dilakukan.***

Editor: Sunti Melati

Sumber: Kominfo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x