Sirine di Ngrangkah Dibunyikan, Petugas Posko Turun ke Zona Aman Hindari Luncuran Awan Panas Merapi

- 27 Januari 2021, 15:30 WIB
Merapi luncurkan awan panas.
Merapi luncurkan awan panas. ///Twitter @BPPTKG

KABAR JOGLOSEMAR - Gunung Merapi luncurkan awan panas guguran sebanyak 22 kali sepanjang 6 jam pada Rabu, 27 Januari 2021 dengan periode pengamatan pukul 06.00 hingga 12.00 WIB.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Hanik Humaida.

"Estimasi jarak maksimum 1.600 meter, tinggi kolom teramati  tersapu angin kencang dari Barat ke Timur rata puncak,"terangnya, Rabu (27/1/2021) siang.

Pada pukul 13:39 WIB sirine awan panas di Ngrangkah dibunyikan. Petugas posko pun kemudian bergeser turun ke zona aman.

 
Pukul 13.39 WIB SIRINE Awan Panas di Ngrangkah sudah berbunyi, petugas posko bergeser turun ke zona aman. Via P21 @Sumosulis1,” tulis @TRCBPBDDIY
 

 

 

Selain petugas posko, warga yang tinggal di sekitar Merapi pun keluar dari rumah untuk melihat keadaan Merapi karena situasi nampak berkabut.
 
Sepanjang peninkatan aktivitas Merapi, gempa hembusan pun  terjadi 5 kali dengan amplitudo 3-8 mm berdurasi 16-62 detik. Dan gempa Hybrid/Fase Banyak sebanyak 1 kali dengan amplitudo  9 mm berdurasi 7 detik. Dan tidak ada perubahan tingkat Aktivitas Gunung Merapi yaitu level siaga.***

Editor: Sunti Melati

Sumber: BPPTKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x