4 Gunung di Indonesia Alami Peningkatan Status hingga Erupsi Bersamaan 

- 22 Januari 2021, 17:02 WIB
Gunung Raung di Banyuwangi, Jawa Timur
Gunung Raung di Banyuwangi, Jawa Timur /Instagram.com/@lusiatere

KABAR JOGLOSEMAR - Masyarakat Indonesia kembali dikejutkan dengan rentetan bencana alam yang terjadi di awal tahun 2021.

Salah satunya adalah terjadi peningkatan aktivitas gunung berapi di beberapa daerah.

Baca Juga: Selama PPKM, Kepatuhan Masyarakat pada Protokol Kesehatan Masih Rendah

Diketahui ada banyak gunung berapi yang aktif sehingga sekali waktu terjadi erupsi. Namun, awal tahun 2021 ada beberapa gunung yang menunjukkan peningkatan aktivitas nyaris berbarengan.

Bahkan, sudah ada luncuran awan panas hingga luncuran lava pijar. Dirangkum Kabar Joglosemar.com dari berbagai sumber, berikut daftar gunung berapi yang mengalami peningkatan status di awal tahun 2021:

  1. Gunung Raung

Terbaru status Gunung Raung di Banyuwangi, Jawa Timur ditetapkan naik level menjadi waspada oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

Perubahan status menjadi level II ini berdasarkan pengamatan instrumental yang dilakukan sejak 1-19 Januari 2021. Bahkan, sudah ada perubahan warna kolom hembusan gas di puncak gunung.

Baca Juga: Sri Purnomo Positif COVID-19 Meski Sudah Divaksin, Ini Penjelasan Ahli Biologi

  1. Gunung Semeru

Gunung Semeru di Lumajang Jawa Timur juga mengeluarkan panas sejauh 4 kilometer pada Sabtu, 16 Januari 2021 pukul 17.24 sore. Luncuran awan panas disertai guguran lava pijar.

Halaman:

Editor: Ayusandra Adhitya Septi Andani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x