Program Komjen Listyo Sigit: Polisi Lalu-lintas Tak Lagi Melakukan Tilang

- 20 Januari 2021, 17:56 WIB
Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo
Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo /tangkapan layar youtube.com / Antara TV Indonesia

KABAR JOGLOSEMAR - Saat mengikuti fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR RI, Rabu, 20Januari 2021, calon tunggal Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo menyampaikan beberapa program bila terpilih menjadi Kapolri.

Salah satu program yang disampaikan dalam uji kelayakan dan kepatutan itu, Listyo Sigit Prabowo mengatakan bawah ke depan polisi lalu-lintas tidak lagi melakukan penilangan terhadap pelanggaran lalu-lintas. Polisi lalu-lintas (polantas) hanya mengatur kelancaran lalu-lintas.

Baca Juga: Jadi Ajudan Jokowi hingga akan Diangkat Menjadi Kapolri, Ini Profil Komjen Listyo Sigit Prabowo

Sementara penegakan hukum di bidang lalu-lintas dilakukan melalui mekanisme hukum berbasis elektronik.Salah satunya melalui electronic traffic law enforcement (ETLE).

Namun, hal itu akan dilakukan secara bertahap. Dan hal ini dilakukan untuk meminimalisasi penyimpangan penilangan saat anggota polisi lalu-lintas menjalankan tugas di lapangan.

"Secara bertahap kami akan menerapkan mekanisme penegakan hukum berbasis elektronik atau ETLEdi di bidang lalu-lintas," kata Komjem Listyo Sigit Prabowo sebelum Komisi III DPR RI kompak menyetujuinya sebagai Kapolri menggantikan Jenderal PolIdham Azis yang akan pensiun pada 1 Pebruari 2021.

Setelah melakukan uji kepatutan dan kelayakan, seluruh faksi di Komisi III DPR RI sepakat atau setuju Komjen Listyo Sigit Prabowo diangkat sebagai Kapolri menggantikan Idham Azis.

Tak satu pun fraksi, termasuk fraksi dari partai oposisi, yang menolak Listyo Sigit.

Baca Juga: Kenapa Jisoo BLACKPINK Trending di Twitter? Ini Alasannya

Menurut Komjen Listyo Sigit, penegakan hukum di bidang lalu-lintas berbasis elektronik akan menjadi ikon perubahan di tubuh Polri.

Halaman:

Editor: Ayusandra Adhitya Septi Andani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x