7 Pedoman Gizi Seimbang yang Perlu Anda Ketahui, Salah Satunya Bersyukur

- 8 Januari 2021, 06:00 WIB
 Ilustrasi makanan gizi seimbang/
Ilustrasi makanan gizi seimbang/ // pixabay /silviarita



KABAR JOGLOSEMAR - Konsep dasar gizi seimbang sebenarnya begitu mudah dimengerti. Arti dari konsep tersebut hanyalah memenuhi jumlah gizi dalam makanan secara berimbang.

Untuk mencapai gizi yang seimbang, adapun pedoman yang dapat diterapkan. Gizi yang seimbang tentu akan membuat tubuh tetap sehat.

Akan tetapi, hal tersebut akan berbeda jika Anda kekurangan atau kelebihan gizi. Kedua situasi tersebut justru akan membawa Anda pada berbagai macam jenis penyakit.

Baca Juga: Komentari PSBB Jawa-Bali, dr.Tirta: Udah Terjepit Indonesia

Oleh karena itu, memahami keseimbangan gizi adalah hal utama yang penting untuk diketahui. Gizi yang seimbang ada pada konsumsi makanan yang mengandung  zat vitamin, mineral, air, serat, lemak, protein, karbohidrat.

Namun, sekali lagi perlu diingat bahwa beberapa unsur di atas harus dipenuhi dengan porsi yang seimbang. Dalam artian, tidak terlalu banyak dan juga tidak terlalu sedikit.

Selain tentang makanan yang dikonsumsi, gizi seimbang juga bisa dicapai melalui aktivitas fisik seperti berolahraga.

Baca Juga: Gunung Merapi Erupsi, Objek Wisata di Kaliurang Tetap Dibuka

Tidak hanya menurunkan berat badan, namun olahraga juga mampu membantu keberimbangan gizi yang ada dalam tubuh.

Lantas, apa saja hal yang dapat dilakukan untuk mewujudkan gizi yang seimbang. Seperti dilansir KabarJoglosemar.com dari berbagai sumber, berikut 7 pedoman gizi seimbang yang perlu Anda ketahui.

1. Bersyukur

Hal pertama yang dapat dilakukan ialah bersyukur. Kita harus bersyukur karena telah dilahirkan di negeri yang kaya akan sumber daya makananan yang mengandung banyak gizi.

Sehingga, akses untuk mendapatkan makanan bergizi begitu mudah didapatkan di bumi pertiwi ini.

Baca Juga: 7 Ikan Hias yang Populer di Indonesia yang Gampang Dipelihara, Mulai dari Cupang Hingga Manfish

2. Jam makan

Jam makan menjadi hal selanjutnya yang perlu diperhatikan untuk mencapai gizi seimbang. Pastikan Anda jangan sampai telat makan.

Jam makan yang disarankan pada umumnya ialah 3 kali sehari. Waktunya antara lain pagi, siang, dan sore.

3. Perhatikan Jenis Makanan

Disarankan kurangi mengkonsumsi makanan yang memiliki rasa asin, manis serta lemak. Makanan yang mengandung salah satu rasa tersebut akan berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan.

Baca Juga: Sinopsis Drama True Beauty Eps 8: Cinta Segitiga Suho-Jukyung-Seo Jun Makin Memanas

Seperti contoh, apabila terlalu sering mengkonsumsi makanan manis, maka kandungan glukosa dalam darah menjadi tinggi sehingga menyebabkan penyakit diabetes.

4. Biasakan pola hidup bersih

Menerapkan pola hidup bersih ternyata mampu memberi pengaruh pada status gizi Anda. Sebagai contoh, kemungkinan Anda mengalami infeksi akan cenderung tinggi jika sebelumnya tidak menerapkan pola hidup bersih.

Apabila telah terjadi infeksi, maka nafsu makan pun menjadi turun. Imbasnya, hal ini berpengaruh pada kurangnya asupan gizi yang masuk ke tubuh.

Baca Juga: 7 Diet Paling Ekstrem di Dunia, Dilakukan oleh Beyonce Hingga Kim Kardashian

5. Rajin berolahraga

Melakukan aktivitas fisik atau berolahraga memiliki kemampuan yang berpengaruh pada status gizi Anda. Olahraga menjadi salah satu upaya untuk menyeimbangkan antara pemasukan dan pengeluaran zat-zat gizi yang menjadi sumber energi bagi tubuh.

6. Menjaga Berat Badan

Salah satu pedoman untuk menyeimbangkan kandungan gizi dalam tubuh Anda ialah memperhatikan berat badan. Jangan sampai berat badan Anda terlalu rendah maupun terlalu tinggi.

Apabila Anda mengalami salah satu situasi di atas, maka seimbang atau tidaknya gizi Anda patut untuk dipertanyakan.

Baca Juga: Cara Mudah Merawat Kaktus Tulang Ikan, Tanaman Hias Tren 2021

7. Rajin Konsumsi Air Putih

Rajin mengkonsumsi air putih menjadi salah satu hal untuk mewujudkan gizi yang seimbang. Konsumsi air putih secara rutin mampu membantu fungsi ginjal serta menggantikan cairan tubuh kita yang hilang.

Untuk setiap harinya, disarankan minum air putih minimal 8 gelas. Dengan rajin minum air putih, maka tingkat resiko terkena penyakit fatal akibat dehidrasi juga akan berkurang.

Itulah 7 pedoman gizi seimbang yang perlu untuk Anda ketahui. Agar tubuh senantiasa tetap sehat, maka tidak ada salahnya untuk mulai menjaga keseimbangan gizi Anda sejak dini. ***

Editor: Sunti Melati

Sumber: Berbagai sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x