Bertambah Lagi, Ini Daftar Negara dengan Kasus Varian Baru Corona

- 29 Desember 2020, 19:46 WIB
Ilustrasi corona.
Ilustrasi corona. /Pixabay/cromaconceptovisual

KABAR JOGLOSEMAR - Beberpaa negara melaporkan adanya kasus varian baru virus corona.

Yangbterbaru, India melaporkan adanya 6 orang yang terjangkit varian baru virus yang disebut dua kali lebih menular.

Beberapa kasus mutasi virus corona itu dilaporkan pada bulan Desember oleh sejumlah negara.

Berikut ini daftar negara dengan varian baru virus corona.

1. Inggris
Dikutip dari Reuters, pada 14 Desember lalu, Menteri Kesehatan Matt Hancock mengatakan lebih dari 1.000 kasus varian baru virus korona telah ditemukan, terutama di selatan Inggris.

Baca Juga: 2 Tahun Berlalu, Jungkook BTS dan Lisa BLACKPINK Pacaran? Ini Kebenarannya

Pada 23 Desember, Hancock mengatakan negara itu menemukan dua kasus varian virus korona baru lainnya yang terkait dengan Afrika Selatan.

“Keduanya adalah kontak dari kasus yang telah melakukan perjalanan dari Afrika Selatan selama beberapa minggu terakhir,” kata Hancock dalam jumpa pers.

Varian baru tersebut dinamakan VUI-202012/01 (Variant Under Investigation) dan diperkirakan pertama kali muncul pada pertengahan September.

2. Afrika Selatan
Afrika Selatan juga melaporkan strain baru lainnya yang tampaknya telah bermutasi lebih jauh dari varian Inggris.

Dikenal sebagai 501.V2, varian ini dominan di antara infeksi baru yang dikonfirmasi di Afrika Selatan. Varian itu disebut tampaknya lebih menular daripada virus aslinya.

Baca Juga: Bisa Cegah Galau, Ini 4 Manfaat Alpukat yang Perlu Kamu Ketahui

3. Australia
Pada 21 Desember, pejabat kesehatan Australia mengatakan dua orang yang bepergian dari Inggris tiba di negara itu dengan varian baru.

4. Kanada
Pada 26 Desember, pejabat kesehatan di wilayah Ontario Kanada melaporkan dua kasus pertama varian COVID-19 seperti yang ditemukan di negara Inggris.

Kasus tersebut terjadi pada pasangan di Durham, wilayah timur Toronto. Keduanya dilaporkan tidak memiliki riwayat perjalanan, paparan atau kontak berisiko tinggi yang diketahui, kata provinsi itu.

5. Denmark
Organisasi Kesehatan Dunia melaporkan bahwa sembilan kasus varian baru terdeteksi di Denmark.

Baca Juga: WHO Peringatkan untuk Waspadai Varian Baru Virus Corona di Tahun 2021

6. Perancis
Prancis mendeteksi kasus pertama varian baru pada 25 Desember. Virus itu dilaporkan menjangkiti seorang warga negara Prancis yang baru tiba dari Inggris pada 19 Desember.

Berdasarkan laporan, warga itu tidak memiliki gejala. Kini seorang warga itu telah menjalani karantina di rumahnya di pusat kota Tours.

7. Italia
Pada 23 Desember, Italia mendaftarkan kasus kedua dari mutasi virus corona di dekat pusat kota Ancona. Pasien itu dilaporkan sama sekali tidak memiliki kontak langsung dengan Inggris.

Direktur laboratorium Stefano Menzo mengatakan kepada kantor berita Italia ANSA bahwa itu bukan jenis yang pertama kali terdeteksi di Inggris.

Baca Juga: Tidak Cuma Nasi, Ternyata Ini 3 Makanan yang Tinggi Karbohidrat

Negara itu telah mendeteksi jenis COVID-19 baru pada 20 Desember pada seseorang yang baru saja tiba dari Inggris. Pasien mendarat di bandara Fiumicino Roma dan sekarang berada di karantina.

8. Jepang
Pada 25 Desember Jepang melaporkan lima kasus pertama dari mutasi virus corona baru. Kasus itu dilaporkan menjangkiti penumpang yang datang dari Inggris.

9. Belanda
Pada 22 Desember, Menteri Kesehatan Belanda Hugo de Jonge mengatakan varian baru yang diidentifikasi di Inggris ditemukan dalam dua kasus di daerah Amsterdam.

10. Lebanon
Di Lebanon, menteri kesehatan sementara negara mengatakan bahwa kasus varian baru terdeteksi pada penerbangan yang tiba dari London.

Penerbangan Middle East Airlines 202 tiba pada 21 Desember, mendesak semua penumpang dalam penerbangan tersebut dan keluarga mereka untuk mengambil tindakan pencegahan.

Baca Juga: Ini Segudang Manfaat Madu untuk Wajah, Bisa Bikin Kulit Mulus

11. Nigeria
Pada 24 Desember, kepala badan pengontrol penyakit Afrika mengatakan varian baru dari virus corona baru muncul di Nigeria.

Varian tersebut ditemukan dalam dua sampel pasien yang dikumpulkan pada 3 Agustus dan pada 9 Oktober di negara bagian Osun, Nigeria, menurut makalah penelitian yang dilihat oleh kantor berita The Associated Press.

12. Singapura
Tepatnya 24 Desember, Singapura mengonfirmasi kasus pertama dari varian virus korona baru yang ditemukan di Inggris.

Di antara 31 pasien COVID-19 yang tiba antara 17 November dan 17 Desember, satu dipastikan membawa jenis B117, sementara 11 lainnya ditemukan terinfeksi sebelumnya.

13. Spanyol
Spanyol melaporkan empat kasus pertama dari varian baru tersebut pada 26 Desember. Keempat infeksi tersebut terkait dengan perjalanan ke Inggris, wakil kepala kesehatan regional, Antonio Zapatero, mengatakan.

Ada tiga kasus dugaan varian virus korona lainnya tetapi hasil tes hanya akan tersedia pada hari Selasa atau Rabu, kata Zapatero.

Baca Juga: 3 Game Offline Terbaik 2020 untuk iPhone, Nomor 2 Paling Populer

14. Afrika Selatan
Afrika Selatan minggu lalu melaporkan jenis COVID-19 baru yang tampaknya telah bermutasi lebih jauh dari varian Inggris. Itu telah merambah ke beberapa negara termasuk Inggris.

Dikenal sebagai 501.V2, varian ini dominan di antara infeksi baru yang dikonfirmasi di Afrika Selatan, dan tampaknya lebih menular daripada virus aslinya, menurut pejabat kesehatan dan ilmuwan yang memimpin strategi virus negara itu.

15. Swedia
Pada 26 Desember, Badan Kesehatan Swedia melaporkan varian baru dari virus corona yang beredar di Inggris terdeteksi di Swedia. Hal itu diketahui setelah seorang pelancong dari Inggris jatuh sakit pada saat kedatangan.

Pejabat Badan Kesehatan Sara Byfors mengatakan pada konferensi pers bahwa pelancong itu telah diisolasi setelah tiba di Swedia dan sejauh ini tidak ada kasus positif lebih lanjut yang terdeteksi.

16. Israel
Belum lama ini Kementerian Kesehatan Israel mengatakan, ada 4 kasus varian baru virus corona pada 23 Desember. Tiga kasus disebut merupakan penumpang yang berasal daei Inggris. Sementara satu orang lagi masih dalam penyelidikan.

17. India
India pada 29 Desember ini melaporkan adanya 6 kasus terjangkit varian baru virus corona. Kini keenam warga tersebut telah menjalani isolasi.

Setelah adanya beberapa laporan varian baru virus corona tersebut, sejumlah negara diketahui ada yang menutup perjalanan dari Inggris. ***

Editor: Michael L W

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x