Viral Soal Ujian Sekolah Sebut Nama 'Anies' dan 'Mega', Begini Nasib Guru yang Membuatnya

- 13 Desember 2020, 11:52 WIB
 Ilustrasi ujian sekolah
Ilustrasi ujian sekolah /pixabay.com

KABAR JOGLOSEMAR - Baru-baru ini, beredar foto soal ujian sekolah yang menyebut dua nama tokoh publik yaitu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Presiden ke-5 Republik Indonesia Megawati Soekarno putri.

Foto soal ujian itu ramai beredar di grup WhatsApp dan media sosial.
 
Menanggapi fenomena tersebut, Dinas Pendidikan DKI Jakarta angkat bicara dan membuat penelusuran terkait hal ini.

Baca Juga: Daftar Film Terbaru Netflix Desember 2020, Ada Drama Romantis Hingga Action

Dinas Pendidikan DKI menyebut bahwa soal ujian tersebut bermaksud untuk menguji kompetensi siswa pada mata pelajaran mengenai pembentukan karakter, integritas, sabar, dan tanggung jawab.

Hal ini diperoleh setelah dilakukan investigasi oleh  Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Nahdiana, mengungkap bahwa pihaknya tidak pernah mengimbau pada guru dan sekolah untuk membuat soal ujian yang mendukung atau mencemarkan nama baik pejabat publik.

Baca Juga: Detik-detik Habib Rizieq Shihab Menuju Ruang Tahanan Setelah Diperiksa 13 Jam

Seperti dikutip KabarJoglosemar.com dari laman Antara, berikut pernyataannya.
“Dinas Pendidikan tidak pernah mengimbau kepada guru di sekolah untuk membuat soal ujian sekolah dengan menyebutkan nama pejabat publik tertentu,” Ujar Nahdiana.
 
Nasib guru dari pembuat soal ujian yang viral itu pun kini telah mendapatkan teguran serta dihimbau untuk tidak mengulanginya kembali.
 
"Kami telah mengarahkan guru yang membuat soal ujian sekolah tersebut untuk tidak mengulangi perbuatannya lagi," tambah Nahdiana, Sabtu, 12 Desember 2020.

Baca Juga: Usai Chelsea Kalah dari Everton, Lampard Sebut Timnya Calon Juara adalah Konyol
 
Selain itu, Nahdiana mengatakan terkait adanya nama yang digunakan dalam soal itu tidak dimaksudkan untuk mendukung atau melecehkan nama pejabat publik.
 
Nahdiana mengimbau kepada para pegawainya khususnya Aparatur Sipil Negara (ASN) baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta agar terus menjaga netralitas ASN sehingga dapat memberikan pelayanan publik yang baik.
 
“Hal tersebut berpotensi menjadi unsur pelanggaran netralitas terhadap posisi ASN," kata Nahdiana.

Baca Juga: Kenapa 1,4 Juta Pekerja Belum Dapat BLT BPJS Ketenagakerjaan Gelombang 2? Cek Jawabannya di Sini
 
Sebelumnya, di media sosial viral dibahas mengenai  foto soal ujian sekolah yang mencantumkan nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Mega yang diduga merujuk pada mantan Presiden Indonesia ke-5, Megawati Soekarnoputri.

Diketahui foto soal ujian sekolah tersebut  telah tersebar melalui aplikasi pesan singkat dan sempat membuat kehebohan di media sosial.
 
Diketahui, ada dua soal ujian pilihan ganda yang terdapat nama Anies Baswedan dan Mega tersebut.

Baca Juga: Ini Deretan Artis yang Pernah Dirumorkan Kencan dengan Member BTS
 
Pada soal pertama, disebutkan bahwa Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta tak menggunakan jabatan untuk memperkaya diri, melainkan untuk menolong rakyat.

Lalu pada soal lainnya, disebutkan bahwa Anies Baswedan kerap diejek oleh Mega karena memakai sepatu yang kusam, namun Anies Baswedan tak pernah marah.
 
Kemudian, dari dua soal tersebut para siswa diminta untuk menjawab sifat apa yang ditunjukkan oleh Anies Baswedan tersebut.*** ( Andrea Widya Burhana/ KabarJogloSemar )

Editor: Sunti Melati

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x