Sri Sultan HB X : Kesadaran Masyarakat, Kunci Keberhasilan Penekanan Penyebaran COVID-19

- 12 Desember 2020, 09:46 WIB
Ilustrasi corona.
Ilustrasi corona. /Pixabay/Tumisu

KABAR JOGLOSEMAR - Lonjakan kasus COVID-19 di DIY beberapa waktu terakhir membuat khawatir Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Untuk mencari solusi agar kasus COVID-19 di DIY bisa ditekan semaksimal mungkin angka penyebaranya, Sri Sultan HB X mengumpulkan jajaran terkait untuk membahas permasalahan ini.

Sultan mengungkapkan, saat ini ada tren baru penularan COVID-19 yaitu melalui keluarga dan tetangga dekat.

Baca Juga: 7 Hama Tanaman Hias yang Harus Diwaspadai karena Bisa Rusak Daun Janda Bolong

“Sepertinya, ketika melihat angka dan riwayat tracing, penularan sudah mengarah antar tetangga atau kerabat dekat. Untuk itu, saya ingin mendapat masukan dari berbagai pihak untuk mengatasi hal ini," ungkap Sri Sultan ketika menggelar rapat di Kompleks Kepatihan, Jumat (11/12/20).

Hadir dalam rapat tersebut, Kepala Dinas Kesehatan DIY dan Staf Khusus Menteri Kesehatan.

Dalam rapat kali ini Sri Sultan HB X kembali menegaskan, bahwa kunci keberhasilan penekanan penyebaran COVID-19 ini terletak pada kesadaran masyarakat itu sendiri.

Baca Juga: Masih Ada Kesempatan, Cek 3 Syarat Jadi Penerima BLT Modal Usaha Rp3,5 Juta 

“Saya kembali menekankan, bagaimana kami mengambil kebijakan, bahwa masyarakat harus dapat menjadi subjek dari COVID-19, karena pandemi ini belum dapat diproyeksikan sampai kapan terjadinya. Jadi ketika berkegiatan harus menggunakan masker, jaga jarak, dan mencuci tangan," tutur Sultan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan DIY, Pembajun Setyaningastutie memberikan paparan yang menyebutkan peningkatan kasus positif COVID-19 dalam seminggu terakhir cukup signifikan. 

Halaman:

Editor: Galih Wijaya

Sumber: jogjaprov.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x