Hari Ini 270 Daerah Menggelar Pilkada 2020 Serentak

- 9 Desember 2020, 06:34 WIB
Ilustrasi Pilkada.
Ilustrasi Pilkada. /Pixabay/OrnaW

KABAR JOGLOSEMAR - Pada Rabu, 9 Desember 2020 ini, 270 daerah di seluruh Indonesia menggelar Pilkada  (Pemilihan Kepala Daerah) secara serentak.

Tiga di antara 270 daerah tersebut berada di DIY, yakni Kabupaten Sleman, Bantul dan Gunungkidul. Dari 270 daerah yang menggelar Pilkada tersebut, terdiri dari 224 kabupaten, 37 kota dan 9 provinsi.

Pilkada di 3 kabupaten di DIY tersebut diikuti 9 pasangan calon (paslon). Masing-masing Kabupaten Sleman ada 3 paslon, Kabupaten Bantul ada 2 paslon dan Kabupaten Gunung Kidul ada 4 paslon.

Baca Juga: Doa Agar Hati Tenang dan Tidak Sedih Mengahadapi Situasi Pandemi Corona

Seluruh persiapan untuk pelaksanaan Pilkada di beberapa daerah sudah dilakukan sejak jauh-jauh hari.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dalam keterangan pers, Selasa (8/12/2020), mengatakan, bahwa persiapan pelaksanaan Pilkada serentak di 270 daerah di Indonesia pada 9 Desember 2020 sudah siap 100 persen.

Dari segi keamanan, distribusi logistik maupun perlengkapan alat pelindung diri (APD) sudah siap 100 persen. Karena itu, Mendagri berharap agar pelaksanaan Pilkada serentak 2020 berjalan lancar, aman dan sukses.

Ia juga meminta masyarakat dan penyelenggara Pilkada agar mematuhi protokol kesehatan dengan wajib mengenakan masker, menjaga jarak da mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir.

Hal ini penting dilakukan untuk mencegah penyebaran dan penularan virus corona. Dengan demikian Pilkada tidak menjadi klaster baru penyebaran/ penularan virus corona.

Halaman:

Editor: Ayusandra Adhitya Septi Andani


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X