270 Daerah akan Menggelar Pilkada pada 9 Desember 2020

- 8 Desember 2020, 14:37 WIB
Ilustrasi Pilkada.
Ilustrasi Pilkada. /Pixabay/OrnaW
 
KABAR JOGLOSEMAR - Sebanyak 270 daerah di Indonesia akan menggelar Pilkada serentak pada 9 Desember 2020. Dari 270 daerah tersebut, sebanyak 224 kabupaten, 37 kota dan 9 provinsi.
 
Sementara dari 224 kabupaten yang menggelar Pilkada, 3 di antaranya adalah kabupaten yang ada di DIY. Ketiga kabupaten yang menggelar Pilkada di DIY tersebut adalah Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul dan Kabupaten Gunung Kidul.
 
Khusus Pilkada di 3 kabupaten di DIY, ada 9 pasangan calon bupati (cabup) dan calon wakil bupati (cawabup) yang maju dalam Pilkada serentak 2020.
 
 
Untuk Pilkada Kabupaten Sleman, diikuti 3 pasangan calon, Kabupaten Bantul diikuti 2 pasangan calon dan Kabupaten Gunung Kidul diikuti 4 pasangan calon.
 
Para kepala daerah yang terpilih dalam Pilkada 2020 akan menjalankan tugas pada periode 2020 sampai dengan 2024. Sebab, mulai tahun 2024 akan digelar pemilih secara serentak di seluruh Indonesia, baik pemilihan Anggota DPRD tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi maupun DPR/DPD RI serta pemilihan kepala daerah ingkat I dan tingkat II dan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden RI.
 
Dalam Pilkada di 3 kabupaten di DIY, ada 9 pasangan calon yang maju, seperti dikutip Kabar Jogosemar seperti yang terdaftar di bawah ini:
 
 

1. Kabupaten Gunungkidul

Pilkada Kabupaten Gunungkidul diikuti 4 pasangan calon.Yakni pasangan nomor urut 1 Cabup-Cawabup Prof Dr Sutrisna Wibawa MPd- Mahmud Andi Widanto SIP yang diusung PAN, Gerindra, PKS dan Demokrat.

Pasangan nomor urut 2 Cabup-Cawabup Drs Immawan-Dra Martanti Soenar Dewi yang diusung Partai Nasdem.

Pasangan nomor urut 3 Cabup Drs Bambang Wisnu Handoyo dan Cawabup Benyamin Sudarmadi yang diusung PDI Perjuangan. Dan pasangan nomor urut 4 Cabup Sunaryanta dan Cawabup Heri Susanto S.Kom yang diusung Partai Golkar dan PKB.
 
 

2. Kabupaten Bantul

Pilkada di Kabupaten Bantul diikuti pasangan calon nomor urut 1 yakni, pasangan Cabup-Cawabup H Abdul Halim Muslih-Cawabup Joko B Purnomo yang diusung PDI Perjuangan, PKB, PAN dan Partai Demokrat.

Dan pasangan Cabup-Cawabup Drs H Suharsono dan Drs H Totok Sudarto MPd yang diusung Partai Gerindra Gerindra, Nasdem, Golkar, PKS dan PPP.

 
3. Kabupaten Sleman

Pilkada di Kabupaten Sleman diikuti 3 pasangan calon yakni pasangan Calon Bupati (Cabub) Danang Wicaksana Sulistya ST dan Calon Wakil Bupati Raden Agus Choliq SE MM nomor urut 1 yang diusung Partai Gerindra, PKB dan PPP.

Kemudian, pasangan Cabup-Cawabup Dra Hj Sri Muslimatun M.Kes-Cawabup Amin Purnama SH nomor urut 2 yang diusung Partai Golkar, Partai Nasdem dan PKS.

Baca Juga: Terbaru 2020! 3 HP Murah Meriah dengan Skor Antutu Tinggi

Dan nomor urut 3 pasangan Cabup Dra Hj Kustini Sri Purnomo dan Cawabup Danang Maharsa SE yang diusungg PDI Perjuangan, PAN, Partai Demokrat dan didukung Partai Gelora.
 
Persiapana pelaksanaan Pilkada di beberapa sudah dilakukan sejak jauh-jauh hari. Di Kabupaten Sleman, misalnya, distribusi logistik ke TPS-TPS sudah dilakukan sejak Minggu(6/12/2020).
 
Logistik yang didistribusikan antra lain seperti kotak suara, bilik suara, surat suara dan berbagai formulir yang akan digunakan oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).
 
 
Selain itu, Alat Perlindungan Diri (APD) guna pencegahan Covid-19 berupa sarung tangan latex buat KPPS. Dan sarung tangan plastik buat pemilih, serta ember dan sabun buat cuci tangan, tisu, thermogun, juga masker sekali pakai.***
 

Editor: Sunti Melati


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x