Ulang Tahun ke-1 Pikiran Rakyat Media Network, Setahun Lahirkan 140 Inkubator Media

- 2 Desember 2020, 16:05 WIB
Ulang Tahun ke-1 PRMN
Ulang Tahun ke-1 PRMN /Galih Wijaya/Kabar Joglosemar
 
PIKIRAN RAKYAT – Hari ini, 2 Desember 2020, Pikiran Rakyat Media Network (PRMN) sebagai sebuah ekosistem media online nasional berjaringan telah genap berusia satu tahun.
 
Sebagai sebuah entitas binis, PRMN masih sangat belia. Tapi nama Pikiran Rakyat bukanlah pemain baru di dunia media. Harian Umum Pikiran Rakyat telah resmi digunakan sejak 24 Maret 1967. Koran Pikiran Rakyat diedarkan ke seluruh wilayah Jawa Barat bahkan merambah sampai Jawa Tengah dan Yogyakarta.
 
Jika ditarik jauh ke belakang, nama Fikiran Ra’jat bahkan sudah dikenal masyarakat Bandung sejak 1926. Kala itu, Bung Karno sering menuliskan pemikiran-pemikiran politiknya dalam menentang kebijakan dan politik pemerintah Hindia-Belanda.
 
 
Zaman terus berubah, bisnis media pun bergerak sangat dinamis. PT Pikiran Rakyat Bandung sebagai induk organisasi, merespon trend pasar dengan cepat dan cermat.
 
1996 silam, Pikiran Rakyat melengkapi linis bisnis media cetak dengan meluncurkan media digital Pikiran-Rakyat.com. Dalam sejarah perjalanan bisnis media, Pikiran-Rakyat.com merupakan salah satu media online tertua di Indonesia.    
 
24 tahun berlalu, dinamika dan tantangan bisnis media digital semakin kompleks. Lagi-lagi, Pikiran Rakyat tampil pertama merespon trend pasar dengan meluncurkan perusahaan baru yaitu PRMN.
 
 
PRMN sendiri berada di bawah naungan PT Kolaborasi Mediapreneur Nusantara (KMN). Sesuai nama badan hukumnya, PRMN memiliki spirit kolaborasi. Mengusung roh gotong royong dan sharing economy yang pertama di Indonesia. 
 
Dengan konsep kolaborasi, PRMN turut berkontribusi untuk Indonesia lewat penciptaan lapangan kerja seluas-luasnya. Ada 2 program unggulan PRMN yaitu program Mediapreneur dan Program Content Creator berbasis text dan video.
 
Tidak heran jika jaringan PRMN tumbuh sangat cepat. Dalam tempo kurang setahun telah lahir 140 inkubator mediapreneur di seluruh Indonesia. Melibatkan tidak kurang dari 1000 content creator.
 
 
Bahkan Pikiran-Rakyat.com sebagai domain utama dari semua jaringan PRMN berhasil duduk di peringkat 6 kategori news media versi Alexa.
 
PRMN membangun ekosistem media digital yang dipersembahkan untuk kemandirian pemuda pemudi Indonesia, khususnya di bidang content creator berbasis text dan video.
 
PRMN menyiapkan teknologi, infrastruktur, pelatihan, mentoring hingga business plan untuk melahirkan pengusaha-pengusaha baru di bidang media digital (mediapreneur).
 
 
PRMN berharap pada 2021 akan lahir 300 inkubator mediapreneur yang tersebar di setiap kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Dan mampu menyerap sedikitnya 5.000 tenaga kerja di bidang pembuat konten.
 
Acara syukuran atas pencapaian satu tahun perjalanan PRMN, dirayakan secara sederhana di Trans Luxury Hotel, Bandung, Jawa Barat. Mengingat masih di tengah masa pandemi Covid-19, tentunya dengan penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat.
 
Acara ulang tahun yang melibatkan seluruh mitra PRMN secara nasional akan menjadi agenda rutin tahunan. “Jika tahun ini undangan sangat terbatas, semoga tahun depan bisa menghadirkan seluruh keluarga besar PRMN,” ujar Agus Sulistriyono, CEO PRMN.
 
 
Selain sebagai ungkapan rasa syukur, acara ulang tahun ini juga dijadikan momentun untuk penandatangan performance contract business plan tahun berikutnya.
 
"Rasa syukur tak terhingga atas pencapaian di tahun pertama perjalanan PRMN. Di tengah masa pandemi, PRMN tumbuh sangat pesat melampaui yang direncanakan. Baik dari jumlah mitra, kunjungan pembaca dan tentu saja dari sisi bisnis," lanjut Agus.
 
Ia juga mengharapkan di tahun-tahun yang akan datang, PRMN terus berkembang sebagai jaringan media nasional yang independen dan bebas hoax.
 
"Semoga 2021 kembali dimudahkan dan PRMN bisa menjadi jalan berkat untuk lebih banyak orang," tutup Agus. ***

Editor: Sunti Melati


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x