10 Doa Mustajab yang Wajib Dihafalkan, Salah Satunya adalah Surat Al Iklhas

- 8 Agustus 2020, 15:20 WIB
Ilustrasi berdoa di hari jumat
Ilustrasi berdoa di hari jumat /- Foto: Pixabay

KABAR JOGLOSEMAR – Manusia selalu memiliki keinginan yang tidak ada habisnya. Keinginan tersebut tentu mustahil untuk tercapai jika tidak melibatkan Allah dalam setiap ikhtiar yang dilakukan.

Selalu berdoalah kepada Allah agar urusan di dunia selalu dimudahkan. Doa-doa mustajab pun perlu dipraktikkan, agar doa lebih mudah dikabulkan Allah.

Sebagaimana dikutip oleh kabarjoglosemar.com dari umma.id bahwa Allah telah berjanji untuk mengabulkan doa hamba-hamba-Nya.

Allah berfirman, “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran”. (QS.Al Baqarah: 186).

Baca Juga: Dalil Larangan Ghibah dan 4 Tips Menjauhinya Agar Tidak Dosa

Inilah 10 doa mustajab yang wajib dipraktikkan.

  1. Hauqalah

Para ulama menganjurkan untuk membaca lafal hauqalah sebanyak-banyaknya jika mempunyai hajat atau keinginan yang ingin terkabul.

Lafal hauqalah adalah Laa haula wa laa quwwata illa billaahil ‘aliyyil ‘adzim. Artinya, tiada daya dan upaya melainkan karena kekuatan Allah yang Maha Tinggi dan Maha Agung.

Ini menunjukkan pengakuan bahwa tidak ada kekuatan yang bisa menjadikan sesuatu terwujud (termasuk hajat kita) kecuali karena kekuatan dan kekuasaan Allah.

  1. Basmallah

Tentu saja agar keinginan terkabul harus ada usaha atau ikhtiar. Sebelum melakukan ikhtiar maka bacalah bismillahirrohmaanirrohiim dengan penuh penghayatan.

Halaman:

Editor: Sunti Melati

Sumber: umma.id


Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X