Puasa Asyura, Puasa yang Dapat Menghapus Dosa Setahun Lalu

- 3 Agustus 2021, 21:48 WIB
Ilustrasi- Rukun Puasa
Ilustrasi- Rukun Puasa /Pixabay/chiplanay

KABAR JOGLOSEMAR- Pada Tahun Baru Islam ini bulan pertama yaitu bulan Muharram, bulan yang suci karena tidak diperbolehkan oleh Allah Ta'ala untuk berbuat dosa seperti berperang, ataupun dosa yang lainnya.

Pada bulan Muharram terdapat puasa sunnah yang memiliki keutamaan yaitu dapat menghapus dosa satu tahun sebelumnya. Puasa sunnah tersebut sangat dianjurkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam yaitu puasa Asyura.

Baca Juga: 4 Kesalahan Saat Menyikat Gigi Picu Kerusakan

Puasa Asyura sebelumnya telah dilakukan oleh para kaum musyrik dari Mekah, Rasulullah pun ikut berpuasa, Setelah Nabi dan kaumnya berhijrah ke Madinah, kaum Yahudi juga berpuasa.

Ketika Nabi Muhammad tahu bahwasannya orang Yahudi berpuasa pada tanggal 10 Muharram Nabi menambahkannya satu hari sebelumnya yaitu pada tanggal 9 Muharram yang disebut puasa Tasu'a.

Pada saat itu hukum berpuasa Asyura masih wajib, namun setelah mendapat perintah puasa Ramadhan hukumnya diganti menjadi sunnah.

حِينَ صَامَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَوْمَ عَاشُورَاءَ وَأَمَرَ بِصِيَامِهِ قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّهُ يَوْمٌ تُعَظِّمُهُ الْيَهُودُ وَالنَّصَارَى. فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- فَإِذَا كَانَ الْعَامُ الْمُقْبِلُ – إِنْ شَاءَ اللَّهُ – صُمْنَا الْيَوْمَ التَّاسِعَ

“Ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berpuasa pada hari Asyura dan memerintahkan orang agar berpuasa padanya, mereka berkata, “Ya Rasulullah, ia adalah suatu hari yang dibesarkan oleh orang Yahudi dan Nasrani.” Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Jika datang tahun depan, insya Allah kita berpuasa juga pada hari kesembilan.” Ibnu Abbas berkata, “Maka belum lagi datang tahun berikutnya itu, Rasulullah SAW pun wafat.” (HR. Muslim dan Abu Dawud).

Baca Juga: 8 Keutamaan Menuntut Ilmu Menurut Pandangan Islam Beserta Dalilnya

Halaman:

Editor: Ayusandra Adhitya Septi Andani


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x