4 Bahaya Minuman Bersoda, Pecinta Soda Wajib Tahu!

- 2 Agustus 2021, 11:44 WIB
Ilustrasi minuman bersoda
Ilustrasi minuman bersoda /Pixabay/Lernestorod

 

KABAR JOGLOSEMAR - Pada zaman sekarang ini, tidak hanya kopi saja yang menjadi minuman favorit di kalangan masyarakat, tetapi minuman yang bersoda juga menjadi favorit. 

Minuman soda ini terbuat dari air biasa, yang sudah diproses melalui proses pencampuran karbondioksida dengan tekanan tinggi atau yang biasa disebut dengan proses karbonasi.

Baca Juga: Makanan atau Minuman yang Harus Dihindari saat Isoman

Minuman bersoda ini biasana mengandung bahan pengawet, pewarna, kafein dan sodium.
 
Beberapa kandungan tersebut apabila dikonsumsi secara terus menerus tidak baik bagi kesehatan tubuh.
 
Ada beberapa dampak negatif yang akan ditimbulkan apabila terlalu sering mengkonsumsi minuman bersoda 
 
1. Kerusakan pada gigi
 
Kandungan kadar gula dan sirup fruktosa yang tinggi dalam minuman bersoda akan menyebabkan gigi berlubang. Selain itu, enamel pada gigi juga akan terkikis karena sifat asam yang tinggi pada minuman tersebut.
 
 
2. Obesitas 
 
Minuman bersoda memiliki kadar gula yang lebih tinggi yaitu 200-600 kali lipat. Hal itu akan menyebabkan lemak pada perut akan menumpuk sehingga menyebabkan obesitas. Jadi, mitos sekali apabila minuman bersoda ini bisa membantu proses diet.
 
3. Mengidap kanker
 
Kandungan Benzema yang berada dalam minuman bersoda ini akan menyebabkan kanker. Karena, benzena ini merupakan bahan kimia yang berasal dari benzoat yang bertemu asam karbonat serta logam.
 
4. Kurang vitamin 
 
Kandungan kalsium yang ada dalam tubuh akan dikuras oleh asam folat yang terkandung dalam minuman soda. Apabila dikonsumsi setiap hari,maka akan menyebabkan hipertensi hingga osteoporosis.
 
 
Itulah beberapa dampak yang akan diterima apa bila terlalu sering mengkonsumsi minuman bersoda.
 
Mulai sekarang aturlah pola hidup yang lebih sehat lagi,sesekali boleh meminum minuman bersoda tetapi jangan terlalu sering agar kesetana tetap terjaga.***

Editor: Ayusandra Adhitya Septi Andani


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X