4 Keutamaan Puasa Senin Kamis yang Wajib Diketahui

- 23 Juni 2021, 12:49 WIB
Ilustrasi puasa Senin-Kamis
Ilustrasi puasa Senin-Kamis /Pexels/khats cassim

KABAR JOGLOSEMAR- Bagi orang yang berpuasa tentu memiliki keistimewaan yang banyak. Ganjaran yang berlipat dan menjaga diri dari maksiat juga perbuatan keji.

Orang yang berpuasa diberikan waktu mustajab untuk berdoa kepada Allah, yaitu pada saat waktu sahur sampai matahari terbit dan jelangnya waktu berbuka atau sebelum tenggelamnya matahari.

Baca Juga: Tata Cara dan Niat Sholat Idul Adha, dari Membaca Niat hingga Mendengarkan Khutbah

Di antara banyaknya puasa, ada satu puasa sunnah yang disukai oleh Rasulullah SAW, yaitu puasa sunnah senin kamis

Sebagaimana dalam suatu hadist:

Diriwayatkan oleh An-Nasa’i dan Ahmad, yang sanadnya dihasankan oleh Al-Hafidz Abu Thohir, “Aku berkata pada Rasul –shallallahu ‘alaihi wa sallam-, “Wahai Rasulullah, engkau terlihat berpuasa sampai-sampai dikira tidak ada waktu bagimu untuk tidak puasa. Engkau juga terlihat tidak puasa, sampai-sampai dikira engkau tidak pernah puasa. Kecuali dua hari yang engkau bertemu dengannya dan berpuasa ketika itu.” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya, “Apa dua hari tersebut?” Usamah menjawab, “Senin dan Kamis.” Lalu beliau bersabda, “Dua hari tersebut adalah waktu dihadapkannya amalan pada Rabb semesta alam (pada Allah). Aku sangat suka ketika amalanku dihadapkan sedang aku dalam keadaan berpuasa.”

Baca Juga: Pemerintah Siap Perketat PPKM Jelang Hari Raya Kurban Di tengah Pandemi

Keutamaan Puasa Senin Kamis

1. Pada hari Senin dan Kamis, pintu surga dibuka

Halaman:

Editor: Ayusandra Adhitya Septi Andani


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X