Jelang Ramadhan 2021, Ini Tips Menjalankan Puasa Sehat dan Aman di Masa Pandemi Corona

- 19 Maret 2021, 21:51 WIB
 Jelang puasa Ramadhan, cara melunasi hutang puasa
Jelang puasa Ramadhan, cara melunasi hutang puasa //Unsplash/Christopher Jolly

KABAR JOGLOSEMAR - Bulan Ramadhan 2021 masih diwarnai dengan situasi pandemi Covid-19. Meskipun sedang di masa pandemi Covid-19 kewajiban berpuasa tetap dilakukan.

Tentu saja Anda harus lebih berhati-hati dari tahun-tahun sebelumnya. Sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia dan negara lainnya, tentu saja ada perubahan yang harus dilakukan.

Namun pada Ramadhan kali ini suasananya berbeda. Hal tersebut lantaran kita sedang menghadapi pandemi virus Corona Covid-19.

Baca Juga: Duel Tanggal 22 Maret 2021, Ini Profil Irene Sukandar, Sosok Grandmaster Catur Penantang Pak Dadang Dewa Kipas

Dalam situasi pandemi Covid-19 ada berbagai kegiatan yang menjadi tradisi setiap Ramadhan pun harus ditiadakan. Misalnya kegiatan shalat Tarawih berjamaah di masjid atau acara buka bersama dengan teman.

Pemerintah mengimbau umat Islam untuk melaksanakan ibadah Ramadhan di rumah masing-masing. Tentu saja untuk menghindari kerumunan orang dan mencegah penularan Covid-19.

Meski begitu, ibadah puasa di bulan Ramadhan ini tetap harus dijalankan. Tidak perlu khawatir tetapi juga tidak boleh menyepelekan pandemi Covid-19. Berikut tips menjalankan ibadah puasa dengan sehat dan aman di masa pandemi Covid-19:

  1. Perbanyak konsumsi makanan berserat

Bagi masyarakat yang sehat tetap menjalankan kewajiban ibadah puasa seperti tahun-tahun sebelumnya. Pilihlah menu makanan sahur dan berbuka puasa yang mengandung banyak serat. Jika serat terpenuhi, maka akan kenyang lebih lama. Selain itu baik untuk metabolisme tubuh.

  1. Konsumsi makan bernutrisi

Selain makanan berserat, sediakan pula menu makanan yang mengandung nutrisi. Cukupi kebutuhan karbohidrat, protein, lemak, vitamin maupun mineral bagi kesehatan tubuh.

Halaman:

Editor: Ayusandra Adhitya Septi Andani


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X