Ini Dampak Resesi Ekonomi Bagi Masyarakat Beserta Ciri-cirinya

- 22 September 2020, 20:58 WIB
Ilustrasi resesi.
Ilustrasi resesi. /Pixabay/Mediamodifier/

KABAR JOGLOSEMAR - Ekonomi menjadi salah satu sektor yang terdampak pandemi Covid-19. Dampaknya beberapa negara bahkan telah mengalami resesi ekonomi.

Bicara yang terbaru, Menteri Keuangan Republik Indonesia (Menkeu RI), Sri Mulyani dalam akun YouTube Kemenkeu RI yang diunggah pada Selasa 22 September 2020 menyebutkan bahwa perekonomian Indonesia akan menghadapi jurang resesi.

Dalam momen tersebut, Sri Mulyani memastikan bahwa Indonesia akan mengalami resesi pada bulan September 2020.

Baca Juga: Ramai Diperbincangkan, Ini Pengertian Resesi Ekonomi yang Akan Terjadi di Indonesia

Seperti dilansir KabarJoglosemar.com dari Pikiran-Rakyat.com dalam artikel berjudul Mengenal Resesi Ekonomi: Definisi, Penyebab, hingga Pengaruh Bagi Diri Sendiri resesi bisa disebabkan karena beberapa hal.

Ada lebih dari satu faktor penyebab resesi dapat dialami sebuah negara. Namun penyebab paling utama yaitu guncangan ekonomi yang tiba-tiba sehingga mengalami dampak inflasi sangat tinggi.

Sementara faktor lainnya bisa disebabkan karena hutang berlebihan, gelembung aset, terlalu banyak inflasi dan deflasi, dan perubahan teknologi.

Adanya resesi memang terbilang tidak pasti terlebih lagi di masa pandemi yang berlangsung ini. Terdapat tanda-tanda resesi yang dapat diprediksi seperti melalui kurva imbal hasil terbalik, penurunan kepercayaan konsumen, dan penurunan indeks ekonomi terkemuka (LEI).

Baca Juga: Sri Mulyani Prediksi Indonesia Bakal Hadapi Resesi Akhir September

Halaman:

Editor: Galih Wijaya

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x