Dinas Koperasi dan UKM DIY Sortir Data UMKM Penerima Hibah Rp 2,4 Juta

- 6 Agustus 2020, 12:51 WIB
Ilustrasi gerabah, produk UMKM.
Ilustrasi gerabah, produk UMKM. /PIXABAY/pexels

KABAR JOGLOSEMAR - Pemerintah Indonesia saat ini sedang menggodog program berupa insentif modal kerja uang diperuntukkan bagi 12 juta Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Program stimulus tersebut saat ini telah masuk di meja Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk finalisasi. Dinas Koperasi dan UMKM DIY saat ini tengah menyortir data UMKM penerima hibah Rp 2,4 juta.

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMKM DIY, Srie Nurkyatsiwi di Kompleks Kepatihan, DIY, Kamis 6 Agustus 2020. Dia mengatakan saat ini sudah ada banyak data yang masuk. Dari data penerima hibah Rp 2,4 juta tersebut akan difokuskan terutama bagi usaha mikro dan ultra mikor yang ada di DIY.

Baca Juga: Video Sekelompok Orang Potong Keris Viral di Twitter

"Sasarannya (hibah Rp 2,4 juta) UMKM mikro dan ultra mikro sesuai dengan arahan Menteri Koperasi dan UMKM dan juga Gubenur DIY," kata Srie Nurkyatsiwi.

Karena perlu adanya pendataan dan menyortir data, pihaknya saat ini tengah menggandeng beberapa pihak terkait baik baik pihak kabupaten/kota, komunitas. Hal tersebut selain untuk mempermudah peoses kerja dan juga bisa mengambil data menyeluruh.

Dalam program UMKM penerima hibah Rp 2,4 juta tersebut, uang tidak langsung dikirimkan kepada para penerima bantuan. Melainkan harus ada beberapa kali verifikasi melalui satu pintu data yang diharapkan tak ada penerima ganda.

"Tentunya itu juga harus datanya lengkap dalam arti NIKnya ada, usahanya ada, karena ini semua akan diverifikasi dan uangnya tidak langsung ditransfer ke yang bersangkutan tapi melalui bank yang akan diberi," ungkap wanita yang akrab disapa Siwi.

"Ini juga akan dicleansing, jangan sampai tumpang tindih. Jangan sampai yang sudah ada kesempatan ada yang dobel," lanjutnya.

Ketika ditanya soal jumlah UMKM penerima hibah Rp 2,4 juta tersebut, pihaknya belum bisa memastikan banyaknya data. Namun dari yang sudah diperoleh saat ini ada sebanyak 39.000 sata yang masuk namun masih akan dilakukan sorrir kembali.

Baca Juga: Resmi Dirilis, Ini Harga Samsung Galaxy Note 20 dan Note 20 Ultra

Halaman:

Editor: Galih Wijaya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x