Saham PT Unilever Indonesia Turun Sejak Awal Tahun, Apa Faktor Pemicunya?

- 21 Juni 2021, 13:06 WIB
Saham unilever alami penurunan/
Saham unilever alami penurunan/ /unilever.co.id
 


KABAR JOGLOSEMAR - Saham PT Unilever turun sejak awal tahun 2021 dan sampai saat ini belum terlihat tanda-tanda signifikan saham Unilever akan kembali naik.

Saham UNVR sudah anjlok 33,33% year to date (ytd) ke level Rp 4.900 per saham pada Jumat (19/6/21).

Analis Samuel Sekuritas, Nasrullah Putra Sulaeman menyebutkan pergerakan harga saham UNVR menurun dikarenakan investor saat ini memang cenderung tidak menyukai saham-saham consumer.

Baca Juga: Kakao Akan Akuisisi Saham SM Entertainment? Ini Jawabannya

Menurutnya, hal tersebut disebabkan pertumbuhan yang ditawarkan kurang menarik.

"Selain itu, kenaikan harga soft commodities juga menjadi kekhawatiran untuk investor dikarenakan margin UNVR yang terancam terpangkas," ujarnya.

Nasrullah menilai, saham UNVR bisa bergerak naik apabila pemulihan ekonomi berada di atas ekspektasi. Sehingga membuat penjualan UNVR meningkat.

Baca Juga: Heboh Saham Coca Cola Anjlok Gara-gara Ronaldo Geser Botol, Yusuf Mansur: Luar Biasa

Saat ini Samuel Sekuritas menurunkan proyeksi laba bersih UNVR menjadi Rp 7,2 triliun atau lebih rendah 4,4% dari proyeksi awal sebesar Rp 7,5 triliun.

"Proyeksi diturunkan karena kami lebih konservatif terhadap kenaikan harga soft commodity seperti CPO, yang menjadi bahan baku utama dari segmen Home and Personal Care," jelasnya.

Dengan begitu, tahun ini laba bersih UNVR diproyeksikan tumbuh 1,1% dibandingkan realisasi tahun lalu sebesar Rp 7,16 triliun.

Halaman:

Editor: Sunti Melati


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X