Mudah! Pakai Aplikasi Ini untuk Cek Penerima Bansos 2021 yang Cair Mei 2021, Ini Caranya

- 1 Mei 2021, 04:00 WIB
Ilustrasi BST
Ilustrasi BST /Kabar Joglosemar.com/Aloysia Nindya Paramita

KABAR JOGLOSEMAR - Pemerintah masih terus mengupayakan penyaluran bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat miskin. Meski ada yang dijadwalkan cair April 2021 namun kemungkinan bisa molor.

Pemerintah mengupayakan bansos dari Kementerian Sosial (Kemensos) bisa cair sebelum Lebaran 2021, yakni awal Mei 2021. Harapannya dengan adanya bansos 2021 bisa menaikkan daya beli masyarakat jelang Lebaran 2021.

Adapun bansos yang disalurkan pemerintah pada April dan Mei 2021 adalah Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), BLT Dana Desa atau Bantuan Sosial Tunai (BST).

Baca Juga: Tak Disangka, Begini Sikap Arya Saloka 'Ikatan Cinta' Saat Bertemu Ayu Ting Ting

“Kami mempercepat penyaluran bantuan sosial untuk PKH, BPNT, dan BLT Dana Desa. Kita minta untuk segera dijalankan yang bulan ini (April) dan bulan depan (Mei) agar segera diterima masyarakat,” ungkap Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara pada Kamis, 22 April 2021 lalu dikutip Kabar Joglosemar.

Lalu bagaimana cara mengecek apakah Anda termasuk penerima bansos atau tidak? Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini telah meluncurkan aplikasi untuk mengecek nama penerima bansos hingga tahapan penyalurannya.

Cek melalui aplikasi berbasis web, yakni cekbansos.kemensos.go.id. Selanjutnya caranya mudah untuk login.

Baca Juga: Heboh Petisi Soal THR PNS, Ini Isi Tuntutannya

Isilah provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa sesuai tempat tinggal yang tertera di KTP. Selanjutnya masukkan nama sesuai KTP.

Halaman:

Editor: Sunti Melati


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X