7 Cara Cek Terdaftar DTKS, Login di Cekbansos.kemensos.go.id

- 29 April 2021, 15:46 WIB
Cek penerima BST Rp300 ribu di dtks.kemensos.go.id
Cek penerima BST Rp300 ribu di dtks.kemensos.go.id //Kabar Joglosemar/Galih Wijaya
 


KABAR JOGLOSEMAR- Kabar gembira bagi penerima bantuan sosial pemerintah untuk penanganan Covid-19. 

Pasalnya bansos dari kemensos sudah cair, bagaimana cara cek penerima bansos dan cara mencairkanya? cek ulasan lengkapnya dalam artikel berikut.

Untuk mengetahui apakah Anda masuk dalam daftar penerima bansos, bisa login melalui cekbansos.kemensos.go.id.

Baca Juga: Jokowi Telah Teken PP THR dan Gaji ke-13 PNS

Kemensos kembali menyalurkan bansos kepada 3 penerima bantuan tahun 2021 ini.  Kementerian sosial telah melakukan perbaikan sistem Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang telah mengalami perbaikan.

Dalam perbaikan, Kemensos memastikan seluruh data memiliki identitas tunggal dan Nomor Identitas Kependudukan (NIK) yang padan dengan data kependudukan yang dikelola Kementerian Dalam Negeri.

Perbaruan data dtks ini disebut dengan News DTKS. Melalui sistem terbaru ini peserta dapat memantau penyaluran bantuan serta bantuan yang dalam proses di link https://cekbansos.kemensos.go.id.

Baca Juga: Gara-gara Nonton Drakor, 10 Ribu Siswa Korea Utara Serahkan Diri

Pencairan bansos sudah dilakukan sejak Maret 2021 dan kemungkinan akan bersamaan dengan pencairan bantuan sosial untuk April 2021.

Ada 3 jenis bansos yang akan dibagikan kepada peserta yang terdata di dtks yaitu bansos tunai (BST), bansos sosial pangan (BSP)/bantuan pangan non tunai (BPNT), serta bantuan program keluarga harapan (PKH).

1. BST disalurkan sebesar Rp 200.000 setiap bulannya selama 4 bulan total mencapai Rp 1,2 juta yang disalurkan kepada 10 juta keluarga di Indonesia.

Halaman:

Editor: Sunti Melati


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x