Terbaru! Mensos Risma: Cek Penerima Bansos BPNT, PKH, dan BST Lewat cekbansos.kemensos.go.id

- 22 April 2021, 10:12 WIB
Menteri Sosial Tri Rismaharini saat peluncuran bansos tahun 2021 di Istana Negara.
Menteri Sosial Tri Rismaharini saat peluncuran bansos tahun 2021 di Istana Negara. /YouTube/ Sekretariat Presiden

KABAR JOGLOSEMAR - Cek penerima bansos 2021 sekarang sudah bisa melalui cekbansos.kemensos.go.id. Hal ini disampaikan oleh Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini.

Pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) RI masih menyalurkan bantuan sosial (bansos) kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di seluruh Indonesia.

Ada 3 program bansos yang diluncurkan Kemensos pada Januari 2021 lalu. Bansos tunai maupun non tunai disalurkan sepanjang tahun 2021. Namun, dengan tahapan yang berbeda-beda.

Baca Juga: Muncul Pulau Baru Pasca Badai Seroja di NTT, Warga Heboh

Menteri Sosial Tri Rismaharini mengungkapkan jika integritas DTKS sudah diperbaiki. Para penerima bansos 2021 ini masuk dalam sistem Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan sekarang menjadi New DTKS.

DTKS sepanjang bulan Maret telah dipulihkan integritasnya dan ditetapkan pada 1 April 2021 melalui Kepmensos No 12/HUK/2021 sehingga menjadi New DTKS,” kata Mensos Risma jumpa pers pada Rabu, 21 April 2021 dikutip dari laman Kementerian Sosial.

Ada perbaikan data ini mempermudah pengecekan nama penerima bansos dari Kemensos RI. Pengecekan akan dilakukan dengan menggunakan data NIK KTP.

Baca Juga: Sudah Diperbaiki! Cek Penerima Bansos 2021 Lewat cekbansos.kemensos.go.id, Ini Caranya

Dengan begitu, nantinya data yang diinput bisa sama dengan data kependudukan yang dikelola Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Halaman:

Editor: Sunti Melati


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X