Program Kartu Prakerja Berkelanjutan, Para Alumni Bisa Terima Bantuan KUR

- 9 Maret 2021, 13:17 WIB
Ilustrasi KUR untuk alumni Kartu Prakerja
Ilustrasi KUR untuk alumni Kartu Prakerja /Kabar Joglosemar/Galih Wijaya
 

 
 

 

KABAR JOGLOSEMAR - Program Kartu Prakerja yang dilakukan pemerintah tidak sebatas memberi pelatihan keterampilan tapi terus berkelanjutan.
 
Sebab, setelah mengikuti pelatihan sesuai ketrampilan keahlian yang diinginkan, para alumni program Kartu Prakerja mendapat bantuan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan syarat tertentu.
 
Hal ini dimaksudkan untuk mendorong para alumni penerima Kartu Prakerja bisa berwirausaha atau menciptakan lapangan kerja/usaha sendiri atau menjadi mandiri dengan modal ketrampilan dan KUR yang dimiliki.
 
 
 
Dikutip Kabar Joglosemar dari berbagai sumber, bantuan fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR) diberikan oleh pemerintah berupa KUR Super Mikro dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.
 
Fasilitas ini diberikan kepada mereka yang sudah menjalankan pelatihan Program Kartu Prakerja sebelumnya.
 
Dengan pemberian bantuan fasilitas KUR ini, pemerintah berharap para alumni program Kartu Prakerja bisa langsung mempraktekkan dan atau menerapkan ketrampilan yang diperoleh dengan menjadi wirausaha mandiri.
 
 
 
Hal ini juga sekaligus mendorong agar semakin banyak anak muda yang menjadi wirausaha di Indonesia. Fasilitas bantuan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Super Mikro yang diberikan pemerintah ini sebagai bentuk pengembangan sumber daya manusia (SDM).
 
Dengan demikian, setelah mengikuti pelatihan dengan mendapatkan modal ketrampilan, maka para Alumni Program Kartu Prakerja juga mendapat modal usaha melalui fasilitas bantuan KUR.
 
Namun, untuk bisa mendapatkan fasilitas bantuan KUR, para alumni Program Kartu Prakerja harus memenuhi beberapa ketentuan, yakni :
 
 
 
1. korban PHK (pemutusan hubungan kerja)
2. wirausaha
3. tidak bekerja di pekerjaan lain yang sudah tetap
 
Sementara syarat-syarat umum bagi usaha yang bisa mendapatkan bantuan KUR adalah :
1. usaha skala mikro
2. usaha boleh berdurasi singkat
3. belum pernah menerima KUR

Sedangkan syarat-syarat lain yang lebih detail dan rinci maupun prosedur mendapatkan bantuan KUR akan dijelaskan lebih lanjut oleh pemerintah.

Baca Juga: Batal Libur Panjang, Ini Perubahan Cuti Bersama Isra Miraj yang Dihapus Pemerintah

Baca Juga: Beruntung, Ini 4 Weton Anak Pembawa Rejeki Bagi Keluarga

Fasilitas KUR untuk para alumni Program Kartu Prakerja diberikan dalam rangka meningkatkan pertumbuhan jumlah wirausaha di Indonesia.
 
Dengan fasilitas KUR diharapkan dapat menarik minat anak muda untuk mengikuti program Kartu Prakerja dan menjadi wirausaha mandiri.

Sampai saati ini diperkirakan sudah ada 19.500 alumni kartu prakerja menyatakan siap menjadi wirausaha. Dengan demikian, program pelatihan kartu prakerja tersebut sangat bermanfaat.

Baca Juga: Meski Hanya Keluarga Fiktif Ikatan Cinta, Warga Pondok Pelita Sebut Huru Hara Aldebaran dan Andin Terasa Nyata

Baca Juga: BLT Dana Desa Disalurkan Hingga Akhir Tahun 2021, Simak Syarat dan Cara Mendapat BLT Dana Desa

Program Kartu Prakerja pada semester pertama 2021 dengan kuota 2,7 peserta yang terbagi dalam beberapa gelombang. Dan saat ini sudah memasuki gelombang ke-14 setelah gelombang 13 ditutup 6 Maret 2021.***

Editor: Sunti Melati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x